Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Berjibaku Demi Terhindar dari Resesi

Ekonomi Sri Mulyani Analisis Ekonomi Ekonomi Indonesia Krisis Ekonomi Resesi Ancam Indonesia
Media Indonesia.com • 21 September 2020 10:40
Jakarta:Pandemi covid-19 menimbulkan krisis yang mengancam kesehatan dan keselamatan seluruh warga dunia. Tidak terkecuali di Indonesia. Krisis yang bermula dari masalah kesehatan merembet masuk ke ranah ekonomi dan sosial.
 
Ancaman resesi di depan mata. Namun, seluruh sumber daya tetap harus dikerahkan untuk menyelamatkan ancaman dari sisi kesehatan. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan krisis semacam ini belum pernah terjadi sebelumnya dan berdampak sangat luar biasa sehingga dibutuhkan kebijakan dan respons yang luar biasa oleh banyak negara selama situasi yang belum terkendali ini.
 
"Pandemi ini membuat seluruh masyarakat harus melakukan banyak pembatasan baik sosial dan ekonomi. Hal ini juga membawa ancaman di banyak negara untuk memilih sebuah pilihan yang tidak mungkin," kata Menkeu dalam webinar internasional LPS 2020, Rabu, 16 September 2020 malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Covid-19 menjadi tantangan nyata bagi seluruh pemangku kepentingan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, pandemi telah berlangsung selama enam bulan. Pemerintah memahami efek domino dari pandemi ini mulai isu kesehatan, merembet juga ke masalah sosial, hingga ekonomi.
 
"Agar pemerintah bisa menangani ancaman kesehatan, Indonesia harus mengorbankan sisi ekonomi baik sisi supply dan demand. Keduanya menjadi lumpuh yang belum pernah terjadi sebelumnya. Maka dibutuhkan upaya yang luar biasa untuk menghadapi kondisi yang luar biasa," jelas Sri Mulyani.
 
Meski Indonesia tidak memilih opsi lockdown, dampak terhadap perekonomian cukup berat. Pertumbuhan ekonomi langsung terpukul ke zona minus begitu pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan pada Maret 2020. Sebagian besar mesin produksi berhenti, aktivitas bisnis meredup.
 
Beruntung pelonggaran PSBB dengan menerapkan PSBB transisi menjadi pilihan sehingga ekonomi dan aktivitas bisnis dapat kembali berdenyut meski dalam kapasitas yang terbatas.

 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif