• Card 1 of 30
Nasional

KPU Belum Bisa Ungkap Keseluruhan Laporan Dana Kampanye

Fachri Audhia Hafiez    •    23 September 2018 21:23

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari--Medcom.id/Arga Sumantri. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari--Medcom.id/Arga Sumantri.

Jakarta: Seluruh partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 telah menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Namun, KPU belum bisa membeberkan keseluruhan dana yang diserahkan.

"Soal besaran dana kampanye belum bisa kami sampaikan karena ada yang masih diverifikasi," kata Komisioner KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 23 September 2018.

Baca: Parpol Wajib Menyerahkan 3 Laporan Dana Kampanye

Hasyim menjelaskan proses verifikasi meliputi perbaikan laporan dari masing-masing parpol. Perbaikan akan berlangsung selama lima hari sejak ditutupnya LADK.

"KPU mengumumkan besaran dana kampanye itu nanti setelah perbaikan dana kampanye yaitu 28 September 2018," ucap Hasyim.

Parpol peserta pemilu diwajibkan menyerahkan tiga jenis laporan dana kampanye ke KPU. Pertama, Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Laporan tersebut menjabarkan sumber, besaran, dan rekening khusus dana kampanye.

Kedua, Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) pada pertenghan masa kampanye. Ketiga, Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Laporan itu akan diserahkan kepada akuntan publik yang ditunjuk KPU delapan hari setelah pemungutan suara.