• Card 1 of 30
Nasional

Rhoma Irama Daftarkan Gugatan Ke PTUN Hari Ini

Siti Yona Hukmana    •    08 Maret 2018 11:51

Sekretaris Jenderal Partai Idaman Ramdansyah - Medcom.id/Siti Yona. Sekretaris Jenderal Partai Idaman Ramdansyah - Medcom.id/Siti Yona.

Jakarta: Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama bakal menggugat putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai Idaman dinyatakan tidak lolos sebagai partai peserta Pemilu 2019 lantaran tidak memenuhi syarat. 

"Hari ini pukul 13.00 WIB Rhoma Irama dan pendukung akan mendatangi kantor PTUN DKI Jakarta di Pulogebang," kata Sekretaris Jenderal Partai Idaman Ramdansyah dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Kamis, 8 Maret 2018.

Kedatangan Rhoma Irama ke PTUN, kata Ramdansyah, untuk mendaftarkan gugatan putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan Partai Idaman tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019.

Rhoma bakal didampingi sejumlah kuasa hukum Partai Idaman. Termasuk pengacara senior Alamsyah Hanafiah.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menolak gugatan Partai Idaman. Bawaslu menilai yang dilakukan KPU telah sesuai aturan. Dalam hal ini Peraturan KPU dan Undang-Undang Pemilu.

Dalam persidangan dengan agenda pembacaan keputusan, Komisioner KPU Muhammad Afifuddin mengatakan Partai Idaman terbukti secara nyata telah melakukan pendaftaran ke KPU dan telah dilakukan pemeriksaan oleh KPU. 

Namun, dinyatakan tidak memenuhi persyaratan administrasi sebagaimana diatur dalam Pasal 173 Ayat (2) dan Pasal 177 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.