• Card 1 of 30
Nasional

KPU Siap Menghadapi Gugatan PKPI di PTUN

Siti Yona Hukmana    •    07 Maret 2018 19:30

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evi Novida Ginting. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evi Novida Ginting. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menghadapi gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Hal itu menyusul keputusan PKPI mengajukan banding ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Kami akan respons bila sudah teregistrasi gugatannya dan setelah dikeluarkan jadwal sidang. Itu nanti kami akan respons sebagaimana mestinya," kata Komisioner KPU Evi Novida Ginting di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Maret 2018.

Evi mengatakan akan mengeluarkan bukti dalam persidangan nanti sesuai dengan yang didalilkan. "Kita akan jawab sesuai bukti yang ada," ujar Evi. 

Komisioner KPU Hasyim Asyari menjelaskan, sebagai termohon, KPU tidak mempunyai pilihan selain menghadapi gugatan. Gugatan ke PTUN juga sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Baca: KPU Manokwari Selatan Terancam Kena Sanksi

"Apa pun akan kita hadapi. Itu adalah risiko kerja sebagai penyelenggara pemilu bahwa ada pihak yang belum puas terhadap kinerja KPU," ucap Hasyim.

PKPI mengajukan banding ke PTUN menyusul keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menolak gugatan PKPI dalam sidang gugatan peserta Pemilu 2019. PKPI terbukti tidak dapat memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan di empat provinsi dan 73 kabupaten/kota.