• Card 1 of 30
Nasional

Massa Partai Republik Kawal Sidang Putusan Bawaslu

Siti Yona Hukmana    •    08 Maret 2018 18:23

Massa Partai Republik memadati Bawaslu. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana. Massa Partai Republik memadati Bawaslu. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Massa Partai Republik memadati Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mereka menuntut Bawaslu bijak dalam mengambil keputusan soal posisi yang tak lolos sebagai peserta Pemilu 2019.

"Mudah-mudahan Bawaslu bertindak adil dan memutuskan Partai Repulik lolos sebagai menjadi peserta pemilu," kata koordinator lapangan aksi, Faizal, di depan Kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Maret 2018.

Aksi sudah dimulai massa sekitar pukul 15.40 WIB. Mereka datang membawa atribut Partai Republik, seperti pin berlogo Partai Republik dan mengibarkan bendera partai.

Massa yang terdiri dari ibu-ibu ini beraksi dengan membentangkan spanduk bertuliskan 'KPU Melakukan Mal Administrasi' dan 'Bawaslu Mohon Tegakan Keadilan'. Aksi ini dikawal oleh beberapa petugas keamanan. 

Sebelumnya, Partai Republik mengajukan gugatan terhadap KPU terkait peserta pemilu. Objek sengketanya adalah Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019.

Baca: KPU Siap Menghadapi Gugatan PKPI di PTUN

Dalam keputusannya, KPU menyatakan Partai Republik tidak memenuhi syarat dalam proses administrasi. KPU tidak melanjutkan pada tahap verifikasi dan menetapkan Partai Republik tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2019.

Dalam permohonannya, Partai Republik meminta Bawaslu menyatakan partainya tersebut memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019, serta meminta Bawaslu memerintahkan KPU menerbitkan keputusan yang menetapkan pemohon sebagai peserta pemilu.