• Card 4 of 30
Rona

4 Alasan Wanita Harus Tidur Cukup

Torie Natalova    •    13 Oktober 2018 14:55

4 Alasan Wanita Harus Tidur Cukup (Foto: istock) 4 Alasan Wanita Harus Tidur Cukup (Foto: istock)

Jakarta: Wanita modern, dua kali lebih mungkin mengalami masalah tidur dibanding pria. Ini karena ada begitu banyak hal yang dilakukan wanita seperti bekerja, mengurus pekerjaan rumah hingga bersosialisasi.

Kurang tidur tidak hanya menyebabkan rasa ngantuk berlebih di siang hari tapi juga mengganggu metabolisme tubuh Anda. Khususnya wanita, sebaiknya hindari terjaga terlalu malam karena dapat memicu beberapa masalah seperti berikut.

1. Kelelahan otak
Adalah fakta ilmiah bahwa wanita membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria. Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa otak seorang wanita digunakan lebih dari seorang pria. Semakin banyak kekuatan otak yang digunakan, semakin banyak waktu tidur yang Anda butuhkan.

2. Mengganggu penampilan
Sebuah penelitian terbaru di Inggris menganalisis efek kurang tidur pada penampilan wanita. Para wanita difoto kemudian dianalisa setelah tidur enam jam atau kurang, hasilnya garis-garis halus dan kerutan meningkat. bintik-bintik hitam dan kemerahan juga meningkat. Tak hanya itu, rasa lapar juga meningkat jika kurang tidur.

3. Mengganggu kesehatan mental
Hubungan antara kurang tidur dan kesehatan mental tidak dapat dihindari lagi. Siapapun yang melewatkan waktu tidur dapat membuktikan dampak negatif pada perubahan suasana hati seperti sifat lekas marah, stres, perasaan tidak tenang dan kesedihan. Wanita sangat rentan terhadap masalah mental. Ini karena hormon yang naik turun, kerumitan dalam jaringan otak wanita, ditambah tekanan sosial yang terus terjadi.

4. Gairah menurun
Ada hubungan langsung antara waktu tidur dan tingkat gairah seksual wanita di keesokan harinya. Sebuah penelitian dari University of Michigan menunjukkan bahwa wanita yang lebih banyak tidur, dapat meningkatkan gairah seksual menjadi lebih baik.