tidur
30cards

tidur

Updated 29 Januari 2018 16:12
  1. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  2. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  3. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  4. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  5. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  6. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  7. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  8. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  9. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  10. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  11. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  12. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  13. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  14. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  15. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  16. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  17. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  18. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  19. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  20. Gaya Tidur Bisa Menjelaskan Kepribadian dan Kesehatan Anda
  21. Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya
  22. Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur
  23. Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur
  24. Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif
  25. Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari
  26. Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur
  27. Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?
  28. 3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur
  29. 4 Penyebab Insomnia Paling Umum
  30. Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes dan Kegemukan
  • Card 13 of 30
Rona

Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental

Anggi Tondi Martaon    •    02 November 2017 13:23

Selain mengganggu kesehatan jasmani, kurang tidur juga berdampak buruk terhadap kesehatan mental. (Foto:  Maeghan Smulders/Unsplash.com) Selain mengganggu kesehatan jasmani, kurang tidur juga berdampak buruk terhadap kesehatan mental. (Foto: Maeghan Smulders/Unsplash.com)

medcom.id, Jakarta: Bagi Anda yang suka begadang, mungkin mulai saat ini Anda harus mengubah kebiasaan buruk itu. Selain mengganggu kesehatan jasmani, kurang tidur juga berdampak buruk terhadap kesehatan mental.

Dikutip dari BBC.Com, para ilmuwan tidur atau sleep scientists di University of Oxford menjalankan percobaan kecil untuk melihat efek kurang tidur terhadap kesehatan mental. Tim pun merekrut relawan empat yang memiliki kebiasaan tidur baik (nyenyak dan waktu cukup).

Saat penelitian, para relawan dilengkapi dengan alat untuk memantau secara akurat tidur mereka. Kemudian, peneliti pun membiarkan para relawan tidur seperti biasa, yaitu selama delapan jam. Untuk tiga malam berikutnya, waktu tidur relawan pun dibatasi hanya empat jam.



Setiap hari para relawan pun diminta mengisi kuesioner psikologis dirancang untuk melihat perubahan suasana hati atau emosi mereka. Lalu apa yang terjadi?

Sarah Reeve, mahasiswa doktoral yang ikut dalam percobaan itu terkejut dengan hasil kuesioner yang diisi oleh para peserta terhadap suasana hati mereka. 

"Ada peningkatan kecemasan, depresi dan stres, juga kenaikan paranoia dan perasaan ketidakpercayaan tentang orang lain", kata Sarah. Mengingat bahwa hal ini terjadi setelah hanya tiga malam dari kurang tidur, itu sangat mengesankan," kata Sarah.

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)

Dari hasil penelitian kecil itu, dapat dilihat bahwa emosi positif jatuh tajam setelah dua malam tidur terganggu. Sementara emosi negatif mulai meningkat.

Tidak sampai disitu, para peneliti merekrut lebih dari 3.700 mahasiswa dari seluruh Inggris yang melaporkan masalah tidur. Peneliti pun membagi peserta ke dalam dua kelompok.



Satu kelompok yang menerima enam sesi online terapi perilaku kognitif (cognitive behavioural therapy/CBT) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur. Sedangkan kelompok lain hanya diberikan terapi standar.

Setelah terapi diberikan selama 10 minggu, peserta yang menerima CBT melaporkan bahwa tingkat insomnia dan depresi serta kecemasan berkurang. Tak hanya itu, paranoia dan halusinasi juga berkurang.

Melihat hal itu, Profesor klinis psikologi di Universitas Oxford Daniel Freeman mengatakan, salah satu alasan mengapa kurang tidur begitu buruk karena memicu otak untuk berpikir negatif. "Kami memiliki pikiran negatif lebih ketika kita sedang kurang tidur dan kita terjebak di dalamnya," katanya.

Oleh karenanya, diharapkan melalui penelitian ini dapat memberikan sedikit pengetahuan kepada orang agar tidak menyepelekan tidur. Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan rasa kesejahteraan kita.







tidur
30cards

tidur

Updated 29 Januari 2018 16:12
  1. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  2. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  3. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  4. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  5. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  6. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  7. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  8. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  9. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  10. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  11. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  12. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  13. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  14. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  15. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  16. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  17. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  18. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  19. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  20. Gaya Tidur Bisa Menjelaskan Kepribadian dan Kesehatan Anda
  21. Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya
  22. Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur
  23. Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur
  24. Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif
  25. Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari
  26. Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur
  27. Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?
  28. 3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur
  29. 4 Penyebab Insomnia Paling Umum
  30. Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes dan Kegemukan