tidur
30cards

tidur

Updated 10 Agustus 2018 11:37
  1. Dampak Positif Ketiduran Saat Menonton TV
  2. Empat Cara Sederhana Agar Tidur Lebih Nyenyak
  3. Studi: Pengobatan Sleep Apnea Bantu Cegah Demensia
  4. Empat Hal yang Membuat Anda Terbangun di Malam Hari
  5. Bahaya Kurang Tidur Saat Remaja
  6. Manfaat Terapi untuk Atasi Gangguan Mimpi Buruk
  7. Kekurangan atau Kelebihan Tidur Beri Efek Buruk pada Tubuh
  8. Tidur Cukup Memperlambat Penuaan Jantung
  9. Emosi Saat Hamil Pengaruhi Pola Tidur Si Kecil Kelak
  10. Ketahui Penyebab Tidur Bersuara Selain Mendengkur
  11. Tips Agar Tertidur Lebih Cepat
  12. Memastikan Anak Mendapatkan Tidur Cukup
  13. Tidur di Kamar yang Dingin Bantu Turunkan Berat Badan?
  14. Apakah Posisi Tidur Anda Sudah Benar?
  15. Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Hidup
  16. Studi: Menuliskan Rencana Hari Esok Membuat Tidur Lebih Cepat
  17. Studi: Kurang Tidur Turunkan Gairah Seks
  18. Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Masalah Perilaku pada Remaja?
  19. Ini Manfaat Sering Tidur di Akhir Pekan
  20. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  21. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  22. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  23. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  24. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  25. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  26. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  27. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  28. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  29. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  30. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  • Card 29 of 30
Rona

Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental

Anggi Tondi Martaon    •    02 November 2017 13:23

Selain mengganggu kesehatan jasmani, kurang tidur juga berdampak buruk terhadap kesehatan mental. (Foto:  Maeghan Smulders/Unsplash.com) Selain mengganggu kesehatan jasmani, kurang tidur juga berdampak buruk terhadap kesehatan mental. (Foto: Maeghan Smulders/Unsplash.com)

medcom.id, Jakarta: Bagi Anda yang suka begadang, mungkin mulai saat ini Anda harus mengubah kebiasaan buruk itu. Selain mengganggu kesehatan jasmani, kurang tidur juga berdampak buruk terhadap kesehatan mental.

Dikutip dari BBC.Com, para ilmuwan tidur atau sleep scientists di University of Oxford menjalankan percobaan kecil untuk melihat efek kurang tidur terhadap kesehatan mental. Tim pun merekrut relawan empat yang memiliki kebiasaan tidur baik (nyenyak dan waktu cukup).

Saat penelitian, para relawan dilengkapi dengan alat untuk memantau secara akurat tidur mereka. Kemudian, peneliti pun membiarkan para relawan tidur seperti biasa, yaitu selama delapan jam. Untuk tiga malam berikutnya, waktu tidur relawan pun dibatasi hanya empat jam.



Setiap hari para relawan pun diminta mengisi kuesioner psikologis dirancang untuk melihat perubahan suasana hati atau emosi mereka. Lalu apa yang terjadi?

Sarah Reeve, mahasiswa doktoral yang ikut dalam percobaan itu terkejut dengan hasil kuesioner yang diisi oleh para peserta terhadap suasana hati mereka. 

"Ada peningkatan kecemasan, depresi dan stres, juga kenaikan paranoia dan perasaan ketidakpercayaan tentang orang lain", kata Sarah. Mengingat bahwa hal ini terjadi setelah hanya tiga malam dari kurang tidur, itu sangat mengesankan," kata Sarah.

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)

Dari hasil penelitian kecil itu, dapat dilihat bahwa emosi positif jatuh tajam setelah dua malam tidur terganggu. Sementara emosi negatif mulai meningkat.

Tidak sampai disitu, para peneliti merekrut lebih dari 3.700 mahasiswa dari seluruh Inggris yang melaporkan masalah tidur. Peneliti pun membagi peserta ke dalam dua kelompok.



Satu kelompok yang menerima enam sesi online terapi perilaku kognitif (cognitive behavioural therapy/CBT) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur. Sedangkan kelompok lain hanya diberikan terapi standar.

Setelah terapi diberikan selama 10 minggu, peserta yang menerima CBT melaporkan bahwa tingkat insomnia dan depresi serta kecemasan berkurang. Tak hanya itu, paranoia dan halusinasi juga berkurang.

Melihat hal itu, Profesor klinis psikologi di Universitas Oxford Daniel Freeman mengatakan, salah satu alasan mengapa kurang tidur begitu buruk karena memicu otak untuk berpikir negatif. "Kami memiliki pikiran negatif lebih ketika kita sedang kurang tidur dan kita terjebak di dalamnya," katanya.

Oleh karenanya, diharapkan melalui penelitian ini dapat memberikan sedikit pengetahuan kepada orang agar tidak menyepelekan tidur. Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan rasa kesejahteraan kita.







tidur
30cards

tidur

Updated 10 Agustus 2018 11:37
  1. Dampak Positif Ketiduran Saat Menonton TV
  2. Empat Cara Sederhana Agar Tidur Lebih Nyenyak
  3. Studi: Pengobatan Sleep Apnea Bantu Cegah Demensia
  4. Empat Hal yang Membuat Anda Terbangun di Malam Hari
  5. Bahaya Kurang Tidur Saat Remaja
  6. Manfaat Terapi untuk Atasi Gangguan Mimpi Buruk
  7. Kekurangan atau Kelebihan Tidur Beri Efek Buruk pada Tubuh
  8. Tidur Cukup Memperlambat Penuaan Jantung
  9. Emosi Saat Hamil Pengaruhi Pola Tidur Si Kecil Kelak
  10. Ketahui Penyebab Tidur Bersuara Selain Mendengkur
  11. Tips Agar Tertidur Lebih Cepat
  12. Memastikan Anak Mendapatkan Tidur Cukup
  13. Tidur di Kamar yang Dingin Bantu Turunkan Berat Badan?
  14. Apakah Posisi Tidur Anda Sudah Benar?
  15. Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Hidup
  16. Studi: Menuliskan Rencana Hari Esok Membuat Tidur Lebih Cepat
  17. Studi: Kurang Tidur Turunkan Gairah Seks
  18. Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Masalah Perilaku pada Remaja?
  19. Ini Manfaat Sering Tidur di Akhir Pekan
  20. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  21. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  22. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  23. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  24. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  25. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  26. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  27. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  28. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  29. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  30. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur