tidur
30cards

tidur

Updated 29 Januari 2018 16:12
  1. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  2. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  3. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  4. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  5. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  6. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  7. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  8. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  9. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  10. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  11. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  12. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  13. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  14. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  15. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  16. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  17. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  18. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  19. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  20. Gaya Tidur Bisa Menjelaskan Kepribadian dan Kesehatan Anda
  21. Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya
  22. Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur
  23. Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur
  24. Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif
  25. Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari
  26. Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur
  27. Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?
  28. 3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur
  29. 4 Penyebab Insomnia Paling Umum
  30. Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes dan Kegemukan
  • Card 5 of 30
Rona

Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama

Raka Lestari    •    12 Januari 2018 18:13

Menurut sebuah studi dari para peneliti di King's College London, orang-orang yang sering menambah jam tidur mereka bisa mengonsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat. (Foto: Courtesy of Sodie Delauw) Menurut sebuah studi dari para peneliti di King's College London, orang-orang yang sering menambah jam tidur mereka bisa mengonsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat. (Foto: Courtesy of Sodie Delauw)

Jakarta: Tidur lebih lama bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan manfaat kesehatan atau bahkan bisa menurunkan berat badan. Menurut sebuah studi dari para peneliti di King's College London, orang-orang yang sering menambah jam tidur mereka bisa mengonsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat. 

Peneliti merekrut 42 partisipan. Sebanyak 21 orang diperbolehkan menambahkan waktu tidur mereka sebanyak 1,5 jam setiap malamnya dan sisanya diperbolehkan tidur dengan waktu tidur yang sama seperti biasanya. 

Setiap orang tidak diperbolehkan mengonsumsi kafein sebelum tidur, melakukan hal-hal yang bisa merelaksasi tidur, dan tidak disarankan tidur dalam keadaan kenyang atau terlalu lapar. 

Para peneliti mencatat, para peserta yang tidur dalam waktu yang lebih lama mengurangi asupan gula pada tubuh mereka. Gula sederhana yang biasanya terdapat pada jus buah, misalnya mengandung 10 gram gula ditambah lagi dengan asupan karbohidrat mereka. 


(Menurut sebuah studi dari para peneliti di King's College London, orang-orang yang sering menambah jam tidur mereka bisa mengonsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat. Foto: Zohre Nemati/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Semakin Tua, Tidur Semakin Kurang Nyenyak)

Peneliti utama pada studi tersebut, Wendy Hall, dari Departemen Ilmu Nutrisi Kings College mengatakannya, "perubahan gaya hidup yang sederhana benar-benar dapat membantu orang terhadap konsumsi makanan sehat."

Menurut para ahli, lebih dari sepertiga orang dewasa di Inggris tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Sedangkan di Amerika Serikat, jumlahnya tidak jauh berbeda. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa 1 dari 3 orang dewasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur. 

Penelitian sebelumnya juga mendukung teori bahwa orang yang tidur dalam waktu yang lebih pendek cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang memiliki waktu tidur panjang, dan tidak cukup tidur juga dikaitkan dengan diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.






tidur
30cards

tidur

Updated 29 Januari 2018 16:12
  1. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  2. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  3. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  4. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  5. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  6. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  7. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  8. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  9. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  10. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  11. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  12. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  13. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  14. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  15. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  16. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  17. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  18. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  19. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  20. Gaya Tidur Bisa Menjelaskan Kepribadian dan Kesehatan Anda
  21. Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya
  22. Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur
  23. Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur
  24. Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif
  25. Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari
  26. Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur
  27. Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?
  28. 3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur
  29. 4 Penyebab Insomnia Paling Umum
  30. Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes dan Kegemukan