tidur
30cards

tidur

Updated 04 Mei 2018 14:47
  1. Tips Agar Tertidur Lebih Cepat
  2. Tips Tidur Nyenyak saat Cuaca Panas
  3. Memastikan Anak Mendapatkan Tidur Cukup
  4. Studi: Tidur Larut Meningkatkan Risiko Kematian
  5. Tidur di Kamar yang Dingin Bantu Turunkan Berat Badan?
  6. Apakah Posisi Tidur Anda Sudah Benar?
  7. Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Hidup
  8. Studi: Menuliskan Rencana Hari Esok Membuat Tidur Lebih Cepat
  9. Studi: Kurang Tidur Turunkan Gairah Seks
  10. Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Masalah Perilaku pada Remaja?
  11. Ini Manfaat Sering Tidur di Akhir Pekan
  12. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  13. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  14. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  15. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  16. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  17. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  18. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  19. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  20. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  21. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  22. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  23. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  24. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  25. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  26. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  27. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  28. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  29. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  30. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  • Card 16 of 30
Rona

Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama

Raka Lestari    •    12 Januari 2018 18:13

Menurut sebuah studi dari para peneliti di King's College London, orang-orang yang sering menambah jam tidur mereka bisa mengonsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat. (Foto: Courtesy of Sodie Delauw) Menurut sebuah studi dari para peneliti di King's College London, orang-orang yang sering menambah jam tidur mereka bisa mengonsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat. (Foto: Courtesy of Sodie Delauw)

Jakarta: Tidur lebih lama bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan manfaat kesehatan atau bahkan bisa menurunkan berat badan. Menurut sebuah studi dari para peneliti di King's College London, orang-orang yang sering menambah jam tidur mereka bisa mengonsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat. 

Peneliti merekrut 42 partisipan. Sebanyak 21 orang diperbolehkan menambahkan waktu tidur mereka sebanyak 1,5 jam setiap malamnya dan sisanya diperbolehkan tidur dengan waktu tidur yang sama seperti biasanya. 

Setiap orang tidak diperbolehkan mengonsumsi kafein sebelum tidur, melakukan hal-hal yang bisa merelaksasi tidur, dan tidak disarankan tidur dalam keadaan kenyang atau terlalu lapar. 

Para peneliti mencatat, para peserta yang tidur dalam waktu yang lebih lama mengurangi asupan gula pada tubuh mereka. Gula sederhana yang biasanya terdapat pada jus buah, misalnya mengandung 10 gram gula ditambah lagi dengan asupan karbohidrat mereka. 


(Menurut sebuah studi dari para peneliti di King's College London, orang-orang yang sering menambah jam tidur mereka bisa mengonsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat. Foto: Zohre Nemati/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Semakin Tua, Tidur Semakin Kurang Nyenyak)

Peneliti utama pada studi tersebut, Wendy Hall, dari Departemen Ilmu Nutrisi Kings College mengatakannya, "perubahan gaya hidup yang sederhana benar-benar dapat membantu orang terhadap konsumsi makanan sehat."

Menurut para ahli, lebih dari sepertiga orang dewasa di Inggris tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Sedangkan di Amerika Serikat, jumlahnya tidak jauh berbeda. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa 1 dari 3 orang dewasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur. 

Penelitian sebelumnya juga mendukung teori bahwa orang yang tidur dalam waktu yang lebih pendek cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang memiliki waktu tidur panjang, dan tidak cukup tidur juga dikaitkan dengan diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.






tidur
30cards

tidur

Updated 04 Mei 2018 14:47
  1. Tips Agar Tertidur Lebih Cepat
  2. Tips Tidur Nyenyak saat Cuaca Panas
  3. Memastikan Anak Mendapatkan Tidur Cukup
  4. Studi: Tidur Larut Meningkatkan Risiko Kematian
  5. Tidur di Kamar yang Dingin Bantu Turunkan Berat Badan?
  6. Apakah Posisi Tidur Anda Sudah Benar?
  7. Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Hidup
  8. Studi: Menuliskan Rencana Hari Esok Membuat Tidur Lebih Cepat
  9. Studi: Kurang Tidur Turunkan Gairah Seks
  10. Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Masalah Perilaku pada Remaja?
  11. Ini Manfaat Sering Tidur di Akhir Pekan
  12. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  13. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  14. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  15. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  16. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  17. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  18. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  19. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  20. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  21. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  22. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  23. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  24. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  25. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  26. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  27. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  28. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  29. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  30. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?