• Card 21 of 30
Rona

Empat Hal yang Membuat Anda Terbangun di Malam Hari

Torie Natalova    •    18 Juni 2018 14:30

Berikut adalah empat hal yang bisa membuat Anda terbangun di malam hari. (Foto: Elizabeth Lies/Unsplash.com) Berikut adalah empat hal yang bisa membuat Anda terbangun di malam hari. (Foto: Elizabeth Lies/Unsplash.com)

Jakarta: Anda mungkin sering mengalami terbangun di tengah malam dan ini cukup mengganggu Anda yang ingin tidur nyenyak lebih lama.

Bangun di tengah malam sebenarnya adalah hal yang normal dan bagian dari DNA manusia kita. Bahkan, bangun 4-6 kali di malam hari dianggap normal.

Meski terbangun di tengah malam, Anda harus bisa kembali tidur sehingga tidak mengganggu waktu istirahat malam yang baik. Berikut adalah empat hal yang bisa membuat Anda terbangun di malam hari.

1. Harus buang air kecil
Nocturia atau buang air kecil di malam hari memiliki banyak pemicu. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak air tanpa cukup garam, tubuh Anda mungkin mencoba membuang beberapa H20 yang menyebabkan Anda bangun di tengah malam untuk buang air kecil. Solusinya, dilansir dari Prevention minum segelas air dengan sedikit garam sekitar 30 menit sebelum tidur.

(Baca juga: Jangan Lakukan Ini ketika Sulit Tidur)


(Meski terbangun di tengah malam, Anda harus bisa kembali tidur sehingga tidak mengganggu waktu istirahat malam yang baik. Foto: Courtesy of Yulia/Getty Images)

2. Merasa terlalu panas
Menurut National Sleep Foundation, perasaan panas dapat membuat sulit tidur nyenyak. Suhu ruangan, apa yang Anda kenakan ke tempat tidur, seprai dan selimut, semuanya harus sesuai untuk menjaga tubuh tetap pada suhu yang tepat.

3. Melihat media sosial larut malam
Jika rutinitas tidur Anda melihat media sosial seperti Instagram, ini dapat mengacaukan tidur Anda. Mengekspos mata ke cahaya pada malam hari menghentikan tubuh membuat melatonin atau hormon tidur. Solusinya, buat cahaya yang redup di kamar dan batasi penggunaan gawai sebelum tidur.

4. Stres
Stres dan kekhawatiran membuat pikiran Anda sulit untuk bersantai dan mencuri waktu tidur nyenyak Anda di malam hari. Intervensi pengurangan stres seperti meditasi kesadaran dan relaksasi progresif telah menunjukkan beberapa efektivitas untuk gangguan tidur, termasuk sering terbangun dari stres. 

Anda dapat menjalani psikoterapi misalnya dengan terapi perilaku kognitif yang dapat meningkatkan kualitas tidur dengan membantu otak mengendalikan pikiran berdasarkan stres yang mencuri waktu tidur Anda.