tidur
30cards

tidur

Updated 04 Mei 2018 14:47
  1. Tips Agar Tertidur Lebih Cepat
  2. Tips Tidur Nyenyak saat Cuaca Panas
  3. Memastikan Anak Mendapatkan Tidur Cukup
  4. Studi: Tidur Larut Meningkatkan Risiko Kematian
  5. Tidur di Kamar yang Dingin Bantu Turunkan Berat Badan?
  6. Apakah Posisi Tidur Anda Sudah Benar?
  7. Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Hidup
  8. Studi: Menuliskan Rencana Hari Esok Membuat Tidur Lebih Cepat
  9. Studi: Kurang Tidur Turunkan Gairah Seks
  10. Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Masalah Perilaku pada Remaja?
  11. Ini Manfaat Sering Tidur di Akhir Pekan
  12. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  13. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  14. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  15. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  16. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  17. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  18. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  19. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  20. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  21. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  22. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  23. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  24. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  25. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  26. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  27. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  28. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  29. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  30. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  • Card 18 of 30
Rona

Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?

Anggi Tondi Martaon    •    05 Januari 2018 11:47

(Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Binghamton University, salah satu efek buruk kurang tidur dari delapan jam semalam adalah depresi. Foto:  Lacie Slezak/Unsplash.com) (Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Binghamton University, salah satu efek buruk kurang tidur dari delapan jam semalam adalah depresi. Foto: Lacie Slezak/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak efek buruk yang dirasakan oleh orang yang kurang tidur. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Binghamton University, salah satu efek buruk kurang tidur dari delapan jam semalam adalah depresi.

Profesor Psikologi Universitas Binghamton Meredith Coles menjelaskan, dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa gangguan tidur biasa dikaitkan dengan kesulitan mengalihkan perhatian seseorang dari informasi negatif. Menurutnya, kurang tidur membuat sesuatu hal yang negatif terekam pada pikiran seseorang dan pada akhirnya mengganggu kehidupan.

"Kami menemukan bahwa orang-orang dalam penelitian ini memiliki beberapa kecenderungan untuk memiliki pikiran terjebak di kepala mereka, dan pemikiran negatif mereka yang meningkat membuat mereka sulit melepaskan diri dari rangsangan negatif yang kita hadapi," kata Coles. 

"Sementara orang lain mungkin bisa menerima informasi negatif dan terus maju, para peserta mengalami kesulitan untuk mengabaikannya," lanjut dia.

Pikiran negatif ini diyakini membuat orang rentan terhadap berbagai jenis gangguan psikologis, seperti kecemasan atau depresi.


(Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Binghamton University, salah satu efek buruk kurang tidur dari delapan jam semalam adalah depresi. Foto: Javier Peñas/Unsplash.com)

(Baca juga: Mengapa Tidur Meningkatkan (Beberapa) Memori?)

"Kami menyadari dari waktu ke waktu bahwa ini mungkin penting - pemikiran negatif berulang ini relevan dengan beberapa gangguan yang berbeda seperti kecemasan, depresi, dan banyak hal lainnya," kata Coles.

Para peneliti mengeksplorasi lebih lanjut penemuan ini, mengevaluasi bagaimana waktu dan lama tidur juga dapat berkontribusi pada pengembangan atau pemeliharaan gangguan psikologis. 

Jika teori mereka benar, penelitian mereka berpotensi memungkinkan psikolog untuk mengatasi kecemasan dan depresi dengan mengubah siklus tidur pasien menjadi waktu yang lebih sehat.

Hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk makalah berjudul "Shorter sleep duration and longer sleep onset latency are related to difficulty disengaging attention from negative emotional images in individuals with elevated transdiagnostic repetitive negative thinking" tersebut diterbitkan di ScienceDirect.








tidur
30cards

tidur

Updated 04 Mei 2018 14:47
  1. Tips Agar Tertidur Lebih Cepat
  2. Tips Tidur Nyenyak saat Cuaca Panas
  3. Memastikan Anak Mendapatkan Tidur Cukup
  4. Studi: Tidur Larut Meningkatkan Risiko Kematian
  5. Tidur di Kamar yang Dingin Bantu Turunkan Berat Badan?
  6. Apakah Posisi Tidur Anda Sudah Benar?
  7. Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Hidup
  8. Studi: Menuliskan Rencana Hari Esok Membuat Tidur Lebih Cepat
  9. Studi: Kurang Tidur Turunkan Gairah Seks
  10. Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Masalah Perilaku pada Remaja?
  11. Ini Manfaat Sering Tidur di Akhir Pekan
  12. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  13. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  14. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  15. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  16. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  17. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  18. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  19. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  20. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  21. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  22. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  23. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  24. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  25. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  26. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  27. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  28. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  29. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  30. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?