tidur
30cards

tidur

Updated 29 Januari 2018 16:12
  1. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  2. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  3. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  4. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  5. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  6. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  7. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  8. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  9. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  10. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  11. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  12. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  13. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  14. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  15. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  16. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  17. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  18. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  19. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  20. Gaya Tidur Bisa Menjelaskan Kepribadian dan Kesehatan Anda
  21. Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya
  22. Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur
  23. Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur
  24. Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif
  25. Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari
  26. Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur
  27. Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?
  28. 3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur
  29. 4 Penyebab Insomnia Paling Umum
  30. Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes dan Kegemukan
  • Card 9 of 30
Rona

Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini

Anggi Tondi Martaon    •    04 Desember 2017 14:11

Perlis menyarankan agar orang yang sulit tidur kembali setelah terjaga untuk bangun dari kasur dan mengisinya dengan kegiatan ringan, seperti membaca buku atau menulis di jurnal. (Foto: Giulia Bertelli/Unsplash.com) Perlis menyarankan agar orang yang sulit tidur kembali setelah terjaga untuk bangun dari kasur dan mengisinya dengan kegiatan ringan, seperti membaca buku atau menulis di jurnal. (Foto: Giulia Bertelli/Unsplash.com)

Jakarta: Insomnia sering kita alami setelah terbangun saat tidur pada malam hari. Meski kita berusaha memejamkan mata, namun tubuh dan pikiran masih tetap terjaga.

Tak perlu khawatir, saat ini sudah ditemukan cara agar bisa tertidur kembali setelah terbangun pada tengah malam. Menurut sebuah studi baru dari University of Pennsylvania School of Medicine, Anda disarankan untuk bangun dari tempat tidur dan melakukan beberapa aktivitas ringan.

Cara itu didapat oleh para periset setelah memantau kebiasaan tidur 416 peserta selama satu tahun. Dari hasil pengamatan, peserta yang tetap di kasur dan berusaha untuk tidur kembali cenderung mengalami insomnia kronis.

Temuan awal yang dipresentasikan pada konferensi SLEEP 2016 mengungkapkan, bangun dari tempat tidur mencegah insomnia krinis hingga 70 sampai 80 persen.

"Orang-orang dengan insomnia biasanya memerpanjang kesempatan tidur mereka," Michael Perlis, Ph.D., penulis studi dan direktur Penn Behavioral Sleep Medicine Programme.


(Perlis menyarankan agar orang yang sulit tidur kembali setelah terjaga untuk bangun dari kasur dan mengisinya dengan kegiatan ringan, seperti membaca buku atau menulis di jurnal. Foto: Stock-Asso/Shutterstock)


"Mereka tidur lebih awal, bangun dari tempat tidur telat, dan mereka tidur siang. Meskipun hal ini tampaknya masuk akal, dan mungkin dalam jangka pendek, masalahnya dalam jangka panjang adalah menciptakan ketidakcocokan antara kemampuan tidur individu saat ini dan kesempatan tidur mereka saat ini, ini dapat memicu insomnia," lanjut dia.

(Baca juga: 6 Langkah Menangkal Insomnia)

Perlis menyarankan agar orang yang sulit tidur kembali setelah terjaga untuk bangun dari kasur dan mengisinya dengan kegiatan ringan, seperti membaca buku atau menulis di jurnal. 

"Anda tidak hanya bisa tertidur hanya dalam waktu satu jam, tapi Anda juga akan melakukannya lebih cepat dan tidur lebih nyenyak daripada jika Anda baru saja tidur," kata Perlis.

Selain itu, Perlis juga menyarankan agar anda menahan keinginan untuk tidur pada siang hari. Tidak tidur pada siang hari dapat membantu Anda tertidur pada malam berikutnya.






tidur
30cards

tidur

Updated 29 Januari 2018 16:12
  1. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  2. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  3. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  4. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  5. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  6. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  7. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  8. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  9. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  10. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  11. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  12. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  13. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  14. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  15. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  16. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  17. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  18. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  19. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  20. Gaya Tidur Bisa Menjelaskan Kepribadian dan Kesehatan Anda
  21. Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya
  22. Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur
  23. Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur
  24. Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif
  25. Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari
  26. Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur
  27. Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?
  28. 3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur
  29. 4 Penyebab Insomnia Paling Umum
  30. Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes dan Kegemukan