• Card 1 of 30
Rona

Apakah Posisi Tidur Anda Sudah Benar?

Sri Yanti Nainggolan    •    17 Maret 2018 17:11

Apakah Posisi Tidur Anda Sudah Benar? (Foto: istock) Apakah Posisi Tidur Anda Sudah Benar? (Foto: istock)

Jakarta: Posisi tidur berpengaruh pada pikiran dan tubuh. Jika salah posisi, maka akan timbul masalah pada bagian tubuh tertentu seperti punggung, leher, dan tulang belakang.

Berikut adalah  beberapa posisi tidur yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya.

1. Terlentang
Tidur telentang dengan kepala dan kaki sejajar bisa memberi tekanan pada punggung. Sebagai gantinya, gunakan bantal bulat di leher yang memudahkan tekanan di bagian belakang dan membantu tidur lebih nyenyak.

Jika merasa tak nyaman, letakkan bantal di bawah lutut atau gunakan bantal ortopedi pada punggung. Tak hanya mengurangi tekanan, bantal tersebut juga membuat punggung lebih nyaman.

2. Menyamping
Jika Anda senang dengan posisi ini, usahakan meletakkan bantal di antara kedua kaki dan bagian kepala. Jika tidak, kemungkinan besar Anda bisa mengalami masalah tulang belakang.

3. Tengkurap
Ini adalah salah satu posisi yang paling buruk karena memberi tekanan pada dada dan menciptakan bentuk tak alami pada punggung. Akibatnya, komplikasi pada leher, punggung, dan tulang belakang akan muncul jika dibiasakan dalam jangka panjang.