tidur
30cards

tidur

Updated 29 Januari 2018 16:12
  1. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  2. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  3. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  4. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  5. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  6. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  7. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  8. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  9. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  10. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  11. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  12. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  13. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  14. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  15. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  16. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  17. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  18. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  19. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  20. Gaya Tidur Bisa Menjelaskan Kepribadian dan Kesehatan Anda
  21. Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya
  22. Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur
  23. Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur
  24. Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif
  25. Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari
  26. Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur
  27. Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?
  28. 3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur
  29. 4 Penyebab Insomnia Paling Umum
  30. Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes dan Kegemukan
  • Card 12 of 30
Rona

Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal

Sri Yanti Nainggolan    •    05 November 2017 07:53

Kelebihan tidur adalah salah satu subtipe dari gangguan suasana hati yang sulit diidentifikasi karena tidak masuk dalam gejala klasik. (Foto:  Adi Goldstein/Unsplash.com) Kelebihan tidur adalah salah satu subtipe dari gangguan suasana hati yang sulit diidentifikasi karena tidak masuk dalam gejala klasik. (Foto: Adi Goldstein/Unsplash.com)

medcom.id, Jakarta: Mengantuk karena kurang tidur adalah hal yang wajar. Namun bagaimana jika Anda sudah tidur cukup bahkan lebih dari delapan jam, dan tetap enggan beranjak dari kasur? Kemungkinan Anda mengalami depresi atipikal.

Kelebihan tidur adalah salah satu subtipe dari gangguan suasana hati yang sulit diidentifikasi karena tidak masuk dalam gejala klasik. 

"Bukannya kurang tidur atau hilang nafsu makan, Anda justru tidur dan makan berlebih," tukas Gail Saltz selaku editor psikologi kontributor di Health. 



Selain itu, ketika mengalami depresi atipikal, seseorang tak selalu merasa sedih. Suasana hati bisa meningkat secara temporer ketika mengalami kejadian positif atau mendengar kabar baik. Hal tersebut membuat gangguan yang dialami terlihat semakin samar, seperti kurang motivasi untuk memulai hari. 
 
Menurut Michelle B. Riba, MD, direktur asosiasi dari University of Michigan Comprehensive Depression Center, depresi sendiri sulit untuk diidentifikasi karena umumnya gejala fisik muncul lebih dulu dibandingkan gejala psikologis. 

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)

"Banyak orang akan datang ke dokter, mengeluh tentang masalah tidur atau sakit kepala, tanpa menyadari bahwa itu adalah gangguan suasana hati, karena mereka tak merasa suasana hati menurun. Tak semua gejala depresi terjadi sekaligus," papar Riba. 



Lalu, apa yang harus dilakukan bila sudah cukup tidur namun masih ingin terlelap? Riba menyarankan untuk mengunjungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut dan memastikan apakah Anda mengalami depresi dengan mengisi Patient Health Questionnaire.

"Dokter kemungkinan akan bertanya kapan atau bagaimana gejala muncul, dan apakah ada kejadian penting yang membuat Anda berubah. Ia juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan Anda dan keluarga terkait beberapa gejala depresi seperti sulit konsentarasi, nyeri, atau ingin tidur sebagai pelarian."

Seperti depresi pada umumnya, depresi atipikal bisa diobati dengan obat-obatan dan terapi bicara. Namun, sulit beranjak dari kasur di pagi hari tak selalu berarti gangguan suasana hati. Bisa jadi itu adalah pertanda penyakit lain seperti anemia atau tiroid. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memastikannya ke dokter. 







tidur
30cards

tidur

Updated 29 Januari 2018 16:12
  1. Hal-hal yang Dilakukan Otak Saat Anda Tertidur
  2. Berlebihan Gunakan Media Sosial Dapat Mengganggu Kualitas Tidur
  3. Tidur Berlebih di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian Dini
  4. Durasi Tidur yang Lama Membuat Pola Makan Makin Sehat
  5. Manfaat yang Diperoleh dari Tidur Lama
  6. Kurang Tidur Membuat Pikiran Negatif Terus Muncul
  7. Tidur Kurang dari 8 Jam Berpotensi Depresi?
  8. Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
  9. Sulit Tidur Kembali Setelah Terjaga, Coba Cara Ini
  10. Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
  11. Terbangun dalam Keadaan Cemas Akibat Mimpi Buruk? Atasi dengan Hal Ini
  12. Enggan Beranjak dari Kasur di Pagi Hari, Kemungkinan Pertanda Depresi Atipikal
  13. Kurang Tidur Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental
  14. Tak Perlu Konsumsi Obat, Tanaman Hias Ini Bisa Membantu Anda Tertidur
  15. Cara Tidur Lebih Nyenyak di Usia 40 Tahunan
  16. Apa Itu Sindrom Putri Tidur?
  17. Mengidap Sindrom Tidur, Gadis di Banjarmasin Terlelap Selama Dua Pekan
  18. Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
  19. Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?
  20. Gaya Tidur Bisa Menjelaskan Kepribadian dan Kesehatan Anda
  21. Ternyata Mimpi Si Introvert dan Extrovert Berbeda, Ini Alasannya
  22. Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur
  23. Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur
  24. Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif
  25. Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari
  26. Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur
  27. Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?
  28. 3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur
  29. 4 Penyebab Insomnia Paling Umum
  30. Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes dan Kegemukan