• Card 1 of 30
Ekonomi

UAI Gandeng MES DKI Kembangkan Kewirausahaan

Pelangi Karismakristi    •    30 Maret 2018 15:32

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta dan Universitas Al Azhar Indonesia menandatangani nota kesepahaman kerja sama program pengembangan kewirausahaan (Foto:Dok) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta dan Universitas Al Azhar Indonesia menandatangani nota kesepahaman kerja sama program pengembangan kewirausahaan (Foto:Dok)

Jakarta: Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta dan Universitas Al Azhar Indonesia menandatangani nota kesepahaman kerja sama program pengembangan kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk mendorong penciptaan wirausaha muda di dunia kampus, sekaligus meningkatkan potensi kewirausahaan masyarakat Ibu Kota.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Ketua Umum MES DKI Rezza Arief Budy Artha, dan Rektor UAI Asep Saefudin di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta, pada Rabu, 28 Maret.

"Membangun semangat dan jiwa wirausaha bagi generasi muda dan mahasiswa sangat penting. Sehingga nantinya ketika sudah selesai, mereka bisa memulai usahanya sendiri, tak harus melulu melamar kerja bahkan dengan usaha yang sukses dapat mempekerjakan orang lain dan hal tersebut sangat mulia," tutur Rektor UAI Asep Saifudin dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id.

Asep juga mengatakan, nantinya akan membangun iklim kewirausahaan di dalam kampus dengan berbagai macam kegiatan. "Nanti akan kami ciptakan kondisi dan ekosistem kewirausahaan dalam dunia kampus seperti membuat kegiatan kewirausahaan baik berupa workshop, seminar, sosialisasi, mentoring dan lain-lain," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum MES DKI Rezza Arief Budy Artha memaparkan bahwa salah satu fokud MES DKI ke depan, yakni pengembangan kewirausahaan. Sebab kewirausahaan ini sejalah dengan program Pemprov DKI yang kini fokus pada bidang yang sama melalui program OK OCE. 

"Hal ini karena kewirausahaan memiliki peranan penting dalam kegiatan perekonomian suatu bangsa dan negara," jelas Rezza.

Oleh karena itu, lanjut Rezza, MES mendorong terus pengembangan kewirausahaan. Terlebih lagi pengurus MES saat ini banyak dari praktis dan pengusaha yang pro dengan praktek ekonomi syariah, sehingga MES terus mendorong sinergi dengan berbagai pihak.

"Nantinya dalam program kerja sama ini bidang-bidang program pengembangan wirausaha yang akan dikembangkan seperti Tourismpreneur (wirausaha di bidang pariwisata), Travelpreneur (wirausaha di bidang perjalanan), Moslempreneur (wirausaha muslim), Umum (segala bidang berkait kewirausahaan) dan bidang terkait lainnya," pungkasnya.

Ke depan MES akan semakin banyak terjun langsung dalam pengembangan ekonomi syariah dalam dunia praktisi terus kolaborasi dengan berbagai pihak yang mendukung pengembangan ekonomi syariah. Selain itu diharapkan program kerja yang dihadirkan MES DKI dapat terus bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat.