• Card 1 of 30
Pendidikan

Telkom University Raih Peringkat 1 di Sinta Awards 2018

09 Juli 2018 14:01

Telkom University Raih Peringkat 1 di Sinta Awards 2018, Humas Telkom University. Telkom University Raih Peringkat 1 di Sinta Awards 2018, Humas Telkom University.

Jakarta:  Telkom University berhasil meraih peringkat 1 kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam SINTA atau Science and Technology Index Awards 2018.  Telkom University berhasil mengumpulkan SINTA Score sebesar 595 (2016-2018) dengan total keseluruhan score sebesar 3.198.

Rektor Telkom University, Prof. Mochamad Ashari menyampaikan "Telkom University sangat bersyukur telah mendapatkan SINTA Awards sebagai skor tertinggi untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS). "Kami juga berterima kasih kepada Ristekdikti yang sudah menginisiasi dan menciptakan SINTA untuk memacu universitas di seluruh Indonesia. sehingga kecepatan growth-nya tertinggi. Semoga SINTA akan lebih baik lagi," kata Ashari di Jakarta, Senin, 9 juli 2018.

Selain itu untuk peringkat 2-5 diraih oleh, Universitas Bina Nusantara, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar acara SINTA Awards 2018.  SINTA atau Science and Technology Index Award merupakan portal pusat indeks ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi kekayaan intelektual beserta dampak (sitasi), pengabdian masyarakat, dan kepakaran di Indonesia.

Baca: Hanya Terpaut 259 Jurnal, Indonesia Segera Salip Malaysia

SINTA memberikan informasi mengenai tolak ukur lembaga, kolaborasi, analisis tren penelitian dan direktori pakar Indonesia.    Ada 20 kategori pemenang dalam SINTA Awards 2018 yang terbagi menjadi 3 kategori utama, yaitu penghargaan bagi institusi, penulis dan juga jurnal. Telkom University berhasil menjadi peringkat pertama sebagai institusi dengan produktivitas publikasi tertinggi untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Selain SINTA Awards 2018, Ristekdikti juga me-relaunching program Arjuna dan Garuda. Arjuna merupakan layanan pengajuan akreditasi jurnal ilmiah secara daring, sehingga mempercepat proses pengajuan dan penilaian jurnal ilmiah. Sedangkan Garuda (Garba Rujukan Digital) yang merupakan layanan bagi dosen, peneliti dan mahasiswa untuk dapat mengakses seluruh dokumen lengkap jurnal yang terbit di Indonesia.