• Card 1 of 30
Jawa Barat

Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Program 100 Doktor

Pelangi Karismakristi    •    11 Juni 2018 12:39

Pengukuhan Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Gigi , Dr. Vinna Kurniawati S yang telah menyelesaikan studi doktoral di Unpad. Foto: Dok. Maranatha Pengukuhan Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Gigi , Dr. Vinna Kurniawati S yang telah menyelesaikan studi doktoral di Unpad. Foto: Dok. Maranatha

Bandung: Universitas Kristen Maranatha berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, terutama melalui pengembangan sumber daya manusia. Salah satunya, dengan meningkatkan kompetensi dosen, yakni Program 100 Doktor. 

Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha (YPTKM) Harry A Kaiin mengatakan, program tersebut bertujuan agar para dosen dapat meningkatkan kompetensi dan memperkuat kiprah dalam menjalankan Tridarma perguruan tinggi. 

"Beranjak dari data tahun 2012, hal yang perlu dicermati adalah jumlah dosen Universitas Kristen Maranatha yang berusia kurang dari 45 tahun, dan telah menempuh jenjang pendidikan strata dua (S-2) berjumlah sekitar 200 orang. Dalam konteks pengembangan dosen inilah, pengurus YPTKM mencetuskan gerakan Program 100 Doktor," ucap Harry dalam keterangan tertulisnya, Senin, 11 Juni 2018.

Sementara itu, Rektor Universitas Kristen Maranatha Armein ZR Langi mengatakan bahwa program ini sekaligus mendukung rencana strategis universitas yang mengarah pada nilai-nilai manusia Maranatha yang terus mengembangkan daya cipta. 

"Selain itu, program ini disertai semangat untuk mendorong para dosen agar termotivasi untuk meneruskan studi lanjut menjadi doktor dan dengan tekun mengajak dosen yang telah mencapai gelar doktor untuk menjadi guru besar," ujarnya.

Untuk diketahui, program ini mulai dicetuskan pada 2017 dan disosialisasikan dari tingkat yayasan ke lingkup universitas. Sedangkan proses rekrutmen dilakukan dengan mengambil para dosen yang punya prestasi akademik bagus, memiliki keinginan, serta potensi untuk berkembang. 

Program 100 Doktor menjadi komitmen bersama yang terus dikembangkan demi peningkatan kualitas pendidikan Universitas Kristen Maranatha. Komitmen ini juga menjadi motivasi bagi para dosen untuk meningkatkan potensi dalam bidangnya masing-masing sehingga bisa menjadi insan akademik yang unggul dan andal.