• Card 1 of 30
Nasional

Universitas Katolik Parahyangan Raih Akreditasi A

M Studio    •    18 Desember 2017 07:04

Gedung rektorat dan biro. Foto: dok Unpar Gedung rektorat dan biro. Foto: dok Unpar

Bandung: Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Jawa Barat, telah melakukan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) sejak 10 tahun terakhir. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan Unpar dengan peringkat akreditasi A berdasarkan No. SK 4339/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017 dengan status kadaluarsa hingga 2022.
 
Informasi tersebut tertera dalam laman banpt.or.id. Pemerintah membentuk BAN-PT untuk melakukan dan mengembangkan akreditasi perguruan tinggi secara mandiri. Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2016 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, akreditasi dilakukan setiap lima tahun sekali.
 

Gedung perkuliahan di Unpar. Foto: dok Unpar
 
Akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu eksternal sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi. Kegiatan tersebut untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi dan menjamin mutu program studi dan perguruan tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun nonakademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.
                     
Pada Selasa, 7 November, Unpar menyambut visitasi tim asesor BAN PT di gedung rektorat. Tim asesor terdiri dari Herman Parung, Suhanan, Muhammad Da’i, Abdul Rohman. Kegiatan visitasi dihadiri Rektor Unpar Mangadar Situmorang bersama jajaran rektorat, kepala biro/lembaga/unit, pegawai serta mahasiswa dan alumni Unpar.
 
Visitasi merupakan lanjutan dari hasil pengisian borang akreditasi sebagai prasyarat APT. Akreditasi menggunakan data dan informasi pada pangkalan data pendidikan tinggi.