• Card 1 of 30
Pendidikan

17 PTS Favorit Bergabung dalam Beasiswa OSC 2018

Siti Yona Hukmana    •    08 Agustus 2018 15:03

Penandatanganan MoU, antara Medcom.id dan 17 PTS pemberi beasiswa OSC 2018, Medcom.id/Citra Larasati. Penandatanganan MoU, antara Medcom.id dan 17 PTS pemberi beasiswa OSC 2018, Medcom.id/Citra Larasati.

Jakarta: Sebanyak 17 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Medcom.id terkait kerja sama program Online Scholarship Competition (OSC) 2018.  Minat PTS untuk memberikan beasiswa melalui program OSC 2018 terus meningkat setiap tahunnya.

Alhamdulillah jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu. Tahun ini kita bekerja sama dengan 17 perguruan tinggi swasta ternama dari Jawa sampai Sulawesi,” kata Direktur Utama Medcom.id Mirdal Akib saat memberi sambutan di sela-sela Penandatanganan MoU, antara Medcom.id dan 17 PTS pemberi beasiswa OSC 2018, di Studio Grand Metro TV, Jakarta Barat, Rabu, 8 Agustus 2018.

Ia menambahkan, jumlah pemberi beasiswa terus bertambah sejak pertama kali OSC diselenggarakan di 2015. Pada 2015, jumlah PTS pemberi beasiswa hanya 5 kampus di sekitar Jakarta dan Bandung saja.

Kemudian jumlahnya meningkat dua kali lipat di 2016, yakni 10 PTS yang tersebar di Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Timur.  Kemudian di 2017 Medcom.id bekerja sama dengan 12 PTS.

Baca: Beasiswa OSC Ditantang Akomodir SIswa Berprestasi Nonakademik

Sampai di usia keempat tahun penyelenggaraannya, Beasiswa OSC berhasil menggandeng 17 PTS dengan jangkauan yang semakin luas, tidak hanya di Jawa, namun hingga ke Sulawesi.

Tidak hanya PTS, animo pelajar terhadap beasiswa OSC ini pun sangat tinggi.  Pada 2017 lalu misalnya, jumlah siswa yang mendaftar dan memperebutkan 240 kuota beasiswa di 12 PTS mencapai 42.000 siswa.  Mirdal berharap, pada program beasiswa OSC ke-4 tahun ini bisa menembus jumlah pelamar hinga 70 ribu siswa.

“Ini penting sekali, agar calon mahasiswa dapat terhimpun dari Aceh sampai Papua. Lalu, para siswa itu kemudian bisa memiliki akses terhadap universitas ternama di Indonesia,” ungkap Mirdal.

Dari total keseluruhan universitas swasta yang menandatangani kerja sama ini, ada lima universitas yang baru bergabung. Lima universitas itu yakni, Univesitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Presiden University, Universitas Fajar (Unifa) Makassar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) dan Universitas Atma Jaya Jakarta.

Rektor Univesitas Kristen Satya Wacana, Neil Semuel Rupidara mengatakan, program yang dipelopori oleh Medcom.id ini menunjukkan bahwa Media Group sebagai perusahaan media besar di Indonesia memiliki kepedulian terhadap perubahan. Langkah ini, kata Neil, sangat baik untuk mendukung Indonesia mempersiapkan anak bangsa dalam mengisi berbagai peluang dan tantangan di masa depan.

“Saya kira itu adalah tanggung jawab sebuah universitas bisa berkontribusi (dengan Medcom.id), bagaimana kita membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik ke depan,” kata Neil saat memberikan sambutan acara penandatanganan MoU kerja sama Program Beasiswa OSC di Studio Grand Metro TV.

Dari 17 PTS ternama ini, masing-masing akan memberikan 20 beasiswa.  “Biaya pendidikan akan ditanggung oleh universitas, mulai dari uang gedung, dan uang kuliah, dari awal sampai selesai (S1),” pungkas Mirdal.

Berikut ke-17 PTS pemberi beasiswa di program Beasiswa OSC 2018:

1. Universitas Fajar (Unifa) Makassar
2. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)
3. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka)
4. Unika Atma Jaya Jakarta
5. President University
6. Universitas 17 Agustus 1945
7. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)
8. Universitas Islam Malang (Unisma)
9. Universitas Gajayana
10. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
11. Universitas Maranatha
12. Telkom University
13. Institut Teknologi Nasional (Itenas)
14. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
15. Universitas Trisakti
16. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)
17. Universitas Mercu Buana.