• Card 1 of 30
Pendidikan

Komitmen Penerima Beasiswa OSC Dipuji, Semua On The Track

Intan Yunelia    •    30 Agustus 2018 20:51

Pemimpin Redaksi Medcom.id, Abdul Kohar (memegang mic) dalam jumpa pers Peluncuran Beasiswa OSC 2018, Medcom.id/Citra Larasati. Pemimpin Redaksi Medcom.id, Abdul Kohar (memegang mic) dalam jumpa pers Peluncuran Beasiswa OSC 2018, Medcom.id/Citra Larasati.

Jakarta:  Pemimpin Redaksi Medcom.id, Abdul Kohar memuji komitmen, dan rasa tanggung jawab para penerima beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) yang sangat tinggi.  Sepanjang empat tahun penyelenggaraan Beasiswa OSC, seluruh penerima beasiswa tidak ada yang berhenti di tengah jalan.

"Alhamdulillah, hingga saat ini semua penerima beasiswa OSC masih on the track, belum ada satupun yang protol.  Umumnya mereka yang lolos OSC betul-betul menghargai beasiswa yang diberikan selama empat tahun ini," ungkap Kohar, saat Peluncuran Beasiswa OSC 2018, di Jakarta, Kamis, 30 Agustus 2018.

Padahal. kata Kohar, panitia dan juga pihak perguruan tinggi pemberi beasiswa telah bersepakat untuk memperbolehkan mahasiswa penerima beasiswa mundur, jika yang bersangkutan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).  "Kita tidak mungkin menahan orang yang ingin masuk PTN, itu hak asasi mahasiswa.  Tapi ternyata mereka benar-benar komitmen untuk menyelesaikan empat tahun itu," tegas Kohar.

Dalam kesempatan yang sama, Kohar juga menyampaikan bahwa Medcom.id telah melakukan audiensi dengan Kementerian Agama (Kemenag), untuk menjangkau calon peserta OSC di jenjang madrasah aliyah (MA).  "Tahun ini sosialisasi akan menyentuh wilayah madrasah juga, diharapkan jumlah pendaftar bisa menyentuh angka 70 ribu orang," ujar Kohar.

Kohar menambahkan, beasiswa OSC dapat diikuti oleh seluruh siswa jenjang SMA/SMK/MA yang lulus tahun ini, atau siswa yang lulus tahun lalu namun belum memiliki kesempatan masuk perguruan tinggi.  "Bisa karena gagal lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), atau karena satu dan lain hal, sehingga belum mendaftar kuliah," sebutnya.

Baca: Pendaftaran Beasiswa OSC Medcom.id Dibuka

Sebanyak 360 kuota beasiswa senilai Rp30 miliar, dari 18 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) favorit di Jawa hingga Sulawesi siap diperebutkan dalam program Online Scholarship Competition (OSC) 2018.   Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs osc.medcom.id mulai hari ini, Kamis, 30 Agustus 2018.

Untuk diketahui, OSC adalah Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diinisiasi, dan diselenggarakan oleh portal berita, dan video Medcom.id.   Beasiswa OSC ke-4 yang diluncurkan pada 30 Agustus 2018 ini hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra putri Indonesia, agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1, dengan menggunakan beasiswa yang diberikan perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan OSC.