• Card 1 of 30
Nasional

Pengemudi Keluhkan Minimnya Fasilitas di Kantong parkir

Damar Iradat    •    13 Maret 2018 15:51

Ilustrasi kantong parkir - Medcom.id/Damar Iradat. Ilustrasi kantong parkir - Medcom.id/Damar Iradat.

Bekasi: Pengemudi kendaraan pribadi mengeluhkan minimnya fasilitas kantong parkir yang disediakan di Mega Bekasi Hypermall. Salah satunya, masih belum adanya akses naik turun dari lokasi parkir ke tempat pemberangkatan awal TransJabodetabek Premium yang parkir di depan lobby. 

Salah satu pengguna, Bobi, 32, memarkir mobilnya di kantong parkir agar menghindari kebijakan ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat 1. Pelat nomor mobil Bobi kebetulan bernomor genap di hari ini, Selasa, 13 Maret 2018.  

Bobi memilih memarkir mobilnya di kantong parkir dan melanjutkan perjalanan ke kantornya di bilangan Senayan menggunakan TransJabodetabek Premium. Sayangnya, fasilitas kantong parkir, kata dia, kurang mumpuni. 

"Ini saya harus jalan ke bawah. Padahal, kalau mall-nya buka bisa naik lift atau tangga sebetulnya," keluh Bobi saat berbincang dengan Medcom.id, Selasa, 13 Maret 2018. 

Jam operasional Mega Bekasi Hypermall baru dimulai pukul 10.00 WIB. Sementara, penerapan ganjil-genap dimulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. 

(Baca juga: Pengguna Bus TransJabodetabek via Mega Bekasi Hypermall Meningkat)

Hal ini membuat pengendara yang memarkir di Mega Bekasi Hypermall kebingungan. Namun begitu, Bobi menilai, kebijakan ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat cukup efektif. 

Kendati demikian, ia berharap ke depan pengelola bisa bekerja sama untuk membuka akses lift atau tangga bagi pengendara yang akan turun dari lokasi parkir. 

Bagian Promosi Mega Bekasi Hyper Mall, Ulil, mengakui fasilitas kantong parkir di tempatnya tidak ditunjang oleh fasilitas lift bagi pengendara.

"Sebenarnya kita ada lift 24 jam, tapi dia harus masuk ke area mall dulu memang, tapi tidak bisa buka dari pagi area mall-nya," ungkap Ulil, Selasa, 13 Maret 2018.

(Baca juga: Pemerintah Targetakan 50 Persen Pengemudi Beralih ke Angkutan Umum)

Ulil mengaku keluhan tersebut menjadi masukan bagi pihak pengelola mall. Keluhan ini nantinya akan dibicarakan dengan pihak manajemen lainnya. 

Dia memastikan pihak Mega Bekasi Hypermall mendukung sepenuhnya kebijakan itu. Maka dari itu, pihaknya tak mempersoalkan jika lahan parkir mereka digunakan sebagai salah satu kantong parkir. 

(Baca juga: Warga Bekasi Sambut Baik TransJabodetabek Premium)

Ulil menambahkan penyediaan kantong parkir untuk ganjil-genap tidak memengaruhi ketersediaan lahan parkir sehari-hari. "Karena memang parkir kita cukup luas, tapi untuk saat ini diberikan di lantai P2A, kalau P2A penuh dan tidak menampung, maka diarahkan ke area lain," tutur dia. 

Mega Bekasi Hypermall membuka fasilitas kantong parkir demi menunjang kebijakan ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat. Kantong parkir tersebut berlokasi di lantai P2A.

Lokasi tersebut mampu menampung 130 sampai 160 unit mobil. Namun, pantauan Medcom.id, pagi tadi mobil yang parkir di lokasi tersebut baru 25 unit. 

(Baca juga: Kakorlantas Minta Pemerintah Tingkatkan Subsisi Angkutan Umum)