• Card 26 of 30
Nasional

Pembuatan SIM Pengemudi Angkutan Umum Dipermudah

Dian Ihsan Siregar    •    25 Februari 2018 12:32

Pembuatan SIM A Umum di GBK/Medcom.id/Dian Ihsan Pembuatan SIM A Umum di GBK/Medcom.id/Dian Ihsan

Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempermudah pembuatan surat izin mengemudi (SIM) A Umum untuk pengemudi taksi online maupun konvensional. Selain di Jakarta, percepatan pembuatan SIM A Umum pengemudi juga bakal dilaksanakan di Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Pekanbaru, Medan, dan Makassar.

"Kita ingin mempercepat, karena semua kendaraan umum harus gunakan SIM Umum dan uji KIR. Saya bantu mempercepat mereka juga. Kami juga akan meratakan ke beberapa daerah," kata Budi di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu, 25 Februari 2018.

Baca: Kemenhub dan Polda Metro Buka Layanan SIM A Umum di GBK

Kemudahan diberikan karena masing-masing pengemudi wajib memegang SIM A Umum sebelum menjalankan profesi itu.

‎Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menerangkan saat ini hanya pengemudi yang tergabung dalam komunitas yang dipermudah mendapatkan SIM A Umum.

"Kalau ada yang daftar secara personal sudah kita akomodasi, kita akan selenggarakan lagi tahap berikutnya. Kalau yang sudah daftar 600 orang (DKI Jakarta) tapi tidak datang, slot itu saya berikan kepada yang daftar personal atau masuk ke tahap kedua, itu 3-4 minggu dari sekarang yang ada di kota-kota lain," ucap Budi Setyadi.