• Card 28 of 30
Nasional

Anies tak Goyah Tolak Reklamasi

Nur Azizah    •    24 April 2018 18:25

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) mengikuti rapat koordinasi persiapan Asian Games di Kantor Inasgoc, Jakarta. Foto: Antara/Wahyu Putro A. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) mengikuti rapat koordinasi persiapan Asian Games di Kantor Inasgoc, Jakarta. Foto: Antara/Wahyu Putro A.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak goyah untuk menolak reklamasi. Sejak masa kampanye hingga sekarang, Anies tetap bertahan menolak proyek tersebut.

"Di Jakarta masih ramai reklamasi, kita konsisten tolak reklamasi," kata Anies saat sambutan acara Ustazah Peduli Negeri di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 24 April 2018.

Baca: Polisi Sudah Periksa Menteri LHK Terkait Reklamasi

Mantan Menteri Pendidikan ini menyatakan bakal mempertahankan tanah reklamasi yang sudah ada. Ia pun meminta doa kepada publik.

"Ini adalah tanah kita, di sini kita dilahirkan dan kembalikan tanah air kita. Dulu dihitung rupiahnya tidak ada. Tapi, dengan doa orang-orang ikhlas akan mengalahkan apa pun," ungkap dia.

Komitmen Anies terhadap reklamasi tampak pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2022. Di RPJMD, Anies tak mencantumkan apa pun tentang reklamasi.

"Begini kalau RPJMD kan menjelaskan apa yang akan kita kerjakan. Jadi Anda bisa lihat jelas apa yang kita kerjakan, tidak menyebutkan soal reklamasi," ungkap dia.

Namun, dia berjanji bakal mengelola zona yang terlanjur terbangun. Sebelum memanfaatkan kawasan itu, Anies akan merevisi rancangan peraturan daerah (raperda) reklamasi.

"Kita akan mengelola tempat yang sudah terlanjur jadi untuk semaksimal mungkin dan itu harus ada pembahasan. Tapi sebelum kita sampaikan raperda, nanti ada pembentukan institusi-institusi yang diamanatkan perpres dan perda," tekan dia.