• Card 1 of 30
Nasional

DPRD Tunggu Revisi Raperda Reklamasi dari Anies

Intan Yunelia    •    17 April 2018 18:58

Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani. Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani.

Jakarta: DPRD DKI Jakarta masih menunggu perbaikan dua rancangan peraturan daerah (raperda) reklamasi dari Gubernur Anies Baswedan. Pasalnya, revisi aturan itu sepenuhnya ada di tangan Anies.

“Dari eksekutif menarik (perda). Kalau ditarik sifatnya itu kan menunggu,” terang Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Achmad Yani kepada Medcom.id, Selasa, 17 April 2018.

Menurut dia, DPRD tidak bisa berbuat apa-apa dalam masalah ini. Itu semua karena perda ini berdasarkan keputusan dari Gubernur.

“Sebenarnya pokoknya soal yang bertanggung jawab bagi kita di DPRD kalau memang enggak diajukan kita tidak bisa menindaklanjuti perdanya,” kata Achmad.

Baca: Anies Diminta Perhatikan Perpres Penataan Jabodetabekpunjur

Sebelumnya, Anies menarik Raperda tentang Rencana Kawasan Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dari program legislasi daerah (prolegda). Anies bakal mengkaji ulang materi yang ada. 

"Beliau (Anies Baswedan) akan me-review dulu masalah tata ruang," ujar Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta Yayan Yuhana, Selasa 5 Desember 2017. 

Yayan mengaku tidak tahu poin-poin yang akan ditinjau ulang. Pasalnya, belum ada arahan khusus dari Anies. 

"Yang jelas penarikan dilakukan untuk mengkaji ulang materi dari raperda yang mengatur tata ruang, termasuk di pulau-pulau reklamasi tersebut," tutur Yayan.