• Card 4 of 30
Jawa Tengah

2.452 Orang Kena Tilang di Yogyakarta

Patricia Vicka    •    02 Januari 2018 16:25

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto (kiri) -- medcom.id/Patricia Vicka Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto (kiri) -- medcom.id/Patricia Vicka

Yogyakarta: Sebanyak 2.452 orang mendapat tilang di Yogyakarta selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Sebagian besar tilang disebabkan pelanggaran marka (rambu-rambu) jalan.

"Jumlah ini meningkat 31,2 persen dibanding tahun lalu. Pada 2016, hanya 1.870 orang yang kena tilang," kata Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto di Mako Polda DIY Yogyakarta, Selasa, 2 Desember 2017.

Menurut Yulianto, fokus penilangan dilakukan kepada warga yang melanggar lalu lintas dan berpotensi menyebabkan kemacetan serta kecelakaan. Pasalnya, liburan tahun ini wisatawan yang datang ke Yogyakarta lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Yulianto mencontohkan, polisi banyak menilang mobil dan motor yang parkir sembarangan di sekitar Jalan Adisutjipto. "Di sana banyak yang parkir sembarangan di pinggir jalan raya, jadi bikin macet jalanan. Maka kami sanksi tegas, tilang di tempat," katanya.

Selain itu, lanjut Yulianto, pengendara yang melanggar rambu jalan dan tidak melengkapi diri dengan peralatan lalu lintas juga banyak yang kena tilang. Dari segi fisik, pengendara roda dua paling banyak kena tilang dengan jumlah 1.986 orang.

"Mereka kena tilang karena tidak memakai helm, melanggar lampu lalu lintas, dan rambu petunjuk jalan," tutupnya.