• Card 16 of 30
Nasional

Pengguna Tol Diimbau Tak Paksakan Masuk Rest Area

M Sholahadhin Azhar    •    01 Januari 2018 13:50

Manager Traffic Information Center Jasa Marga Hervian di Pos Pemantauan Tol Jasa Marga Cikarang Utama, Jawa Barat, Senin, 1 Januari 2018/Medcom.id/M Sholahadhin Azhar Manager Traffic Information Center Jasa Marga Hervian di Pos Pemantauan Tol Jasa Marga Cikarang Utama, Jawa Barat, Senin, 1 Januari 2018/Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Cikarang: Kepadatan arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2018 diprediksi mulai sore ini. Masyarakat yang menuju Jakarta via jalan tol diimbau tak memaksakan diri memasuki tempat peristirahatan (rest area).

"Kami mengimbau pada masyarakat yang menuju Jakarta, kalau rest area penuh, jangan dipaksakan (masuk). Karena dapat mengganggu traffic," kata Manager Traffic Information Center Jasa Marga Hervian di Pos Pemantauan Tol Jasa Marga Cikarang Utama, Jawa Barat, Senin, 1 Januari 2018.

Di sepanjang tol menuju gerbang Cikarang Utama, ada beberapa tempat istirahat. Dua Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) dan satu Tempat Istirahat (TI) biasa. TIP berada di kilometer 62 dan kilometer 42, sementara TI di kilometer 34.

Hervian menyebut mayoritas masyarakat biasanya kerap menyasar TIP. Sehingga tak jarang lokasi parkir di rest area setempat cepat penuh.

Hervian khawatir jika warga tetap memaksa masuk ke lokasi. Pasalnya itu dapat membuat kendaraan mengular hingga jalan tol.

Untuk itu, kata dia, masyarakat yang hanya membutuhkan waktu istirahat sejenak, diimbau tak memasuki TIP.  "Kalau hanya salat dan istirahat sejenak, ada parking bay di kilometer 59. Masyarakat bisa juga ke TI, supaya tidak menumpuk di TIP," ujar Harvian.

Selain imbauan mengenai tempat peristirahatan, masyarakat juga harus memastikan saldo kartu e-Toll. Sebab jika tidak cukup akan memicu tersendatnya traffic di gerbang tol. "Harus top-up dulu, kalau enggak nanti macet di gerbang," tandas Hervian.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa mengatakan puncak arus balik libur Natal dan tahun baru diprediksi hari ini, Senin 1 Januari 2018. Diperkirakan, kendaraan akan memadati jalan tol arah ke Jakarta pada sore hari. 

Menjelang dini hari saat pergantian tahun, arus balik di Cikarang Utama sudah mulai terlihat, meski cenderung landai. Ada 47 ribu kendaraan roda empat sejak Minggu, 31 Desember 2017 pagi. Royke menyebut masyarakat Jakarta sudah mulai kembali. 

"Sudah mulai nyicil arus balik nih. Ya lumayan lah, biar besok tidak terlalu berat," kata Royke.