• Card 22 of 30
Jawa Timur

Sumenep Sambut Tahun Baru dengan Gema 1.000 Hadrah

Rahmatullah    •    31 Desember 2017 23:38

Penampilan musik hadrah menyambut tahun 2018 di Kabupaten Sumenep. Foto: Medcom.id / Rahmatullah Penampilan musik hadrah menyambut tahun 2018 di Kabupaten Sumenep. Foto: Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyambut tahun 2018 dengan menggelar gema salawat diiringi 1000 hadrah lengkap dengan penarinya. Kegiatan yang digelar di depan Masjid Jamik tersebut dihadiri ribuan warga.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda & Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Sofiyanto, menuturkan sudah dua tahun Pemkab Sumenep menyambut tahun baru dengan kegiatan bernuansa Islami. Jika tahun lalu menggelar doa bersama, kini juga diselingi dengan salawat musik tradisional hadrah.

“Selain doa bersama, kita juga adakan pentas seni dengan konsep musik hadrah,” jelasnya, Minggu, 31 Desember 2017

Dia mengaku mengajak semua elemen masyarakat berdoa dan bersalawat bersama. Dia bersyukur masyarakat antusias menghadiri kegiatan tersebut. Dengan kehadiran dan doa ribuan warga tersebut, diharapkan Sumenep akan semakin maju di semua aspek.

Mengenai penabuh dan penari musik hadrah, dia mengaku mengundang puluhan jamiah musik tradisional tersebut dari berbagai kecamatan.

Syaiful Umam, salah satu pengunjung, mengaku bersyukur atas kegiatan tersebut. Dia yakin pergantian tahun ini akan lebih bermakna daripada sebelum-sebelumnya, terlebih nuansa religinya sangat kental.

“Terus terang saya sangat terharu dengan antusias warga yang berdatangan,” katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan pertama kali yang diikuti. Dan dia berharap tahun-tahun berikutnya digelar acara serupa. Dia yakin angka kriminalitas bisa ditekan dengan diadakannya kegiatan berbau religi.

Sesuai jadwal, kegiatan tersebut juga diisi ceramah agama. Panitia mengundang dai kondang Ustad Yusuf Mansur sebagai penceramah.