• Card 10 of 30
Nasional

26 GTO Disiagakan di Tol Cikarang Utama

M Sholahadhin Azhar    •    01 Januari 2018 15:50

Suasana Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Senin, 1 Januari 2018/Medcom.id/M Sholahadhin Azhar Suasana Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Senin, 1 Januari 2018/Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Cikarang: PT Jasa Marga mengantisipasi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2018. Antisipasi itu dilakukan melalui optimalisasi pintu tol arah Jakarta. 

"Ada 26 GTO (gerbang tol otomatis) Gerbang Tol Cikarang Utama menuju arah Jakarta, yang dibuka mulai pukul 12.00 WIB. Jumlah ini bisa bertambah, tergantung situasi," kata Manager Traffic Information Center PT Jasa Marga, Hervian di Pos Pemantauan Jasa Marga, Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Senin, 1 Januari 2018.

Pembukaan gerbang tambahan juga bakal dilakukan pada dini hari nanti. Hal itu mengingat puncak arus balik diprediksi terus berlangsung, yakni sepanjang sore hingga pergantian hari.

"Kita akan maksimalkan semua. Sehingga sebelum kendaraan itu mengalir deras, kita sudah antisipasi," ucap Hervian.

Adapun kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, akan dilayani 14 GTO. Kemungkinan besar pintu tersebut akan dikurangi dan dialihkan untuk melayani kendaraan yang mengarah ke Jakarta. 

"Tergantung situasi. Kalau masih padat akan kita tambah buka lagi," ujar Hervian.

Selain memaksimalkan GTO, Jasa Marga juga mendesain pengalihan arus kendaraan. Khususnya jika antrean di gerbang tol sudah melebihi 1 kilometer. 

Pengguna roda empat akan dialihkan menuju gerbang tol Cikarang Barat Dua. Sementara itu, Petugas Jasa Marga telah ditempatkan di beberapa titik yang berpotensi dipadati kendaraan. Misalnya di kilometer 66 yang menjadi pertemuan tiga jalur: Cipali, Bandung dan Cikampek. 

"Jalur itu berpotensi terjadi kepadatan. Nanti ada petugas yang mengurai," tandas Hervian.