• Card 8 of 30
Nasional

Kebersihan RPTRA Kalijodo Menurun

Fiona Yosefina    •    01 Januari 2018 16:58

Tumpukan sampah di salah satu sudut RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara/Medcom.id/Fiona Yosefina Tumpukan sampah di salah satu sudut RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara/Medcom.id/Fiona Yosefina

Jakarta: Perayaan malam tahun baru 2018 di wilayah ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Utara menyisakan banyak sampah. Hal itu tampak dari tumpukan sampah yang masih terlihat di beberapa sudut area RPTRA sampai pukul 13.00 hari ini.

Penurunan kualitas kebersihan di RPTRA, dinilai tidak hanya karena kurangnya kesigapan petugas PPSU, akan tetapi juga karena kurangnya kesadaran pengunjung.

Menurut pengakuan salah satu pemilik kantin di Pujasera RPTRA Kalijodo, Evie, masyarakat yang datang ke Kalijodo, tak jarang yang abai terhadap kebersihan. 

"Pengunjung yang datang ke sini juga manja-manja. Contohnya, kalau makan buang sampahnya sembarangan aja. Kadang kalau diperingatkan biar buang sampah sesuai tempatnya, kita suka dibilang sok ngatur. Padahal niatnya baik, biar sama-sama nyaman," kata Evie, Senin, 1 Januari 2018.

Kurangnya fasilitas tempat sampah di area RPTRA Kalijodo, disebut juga menjadi salah satu perhatian para pedagang dan juga masyarakat. 

Evie berharap Pemprov DKI Jakarta dapat lebih memerhatikan pelaksanaan kebersihan di RPTRA Kalijodo. Di antaranya dengan menyediakan tempat sampah di dalam area RPTRA Kalijodo dan juga menyediakan papan-papan pemberitahuan atau peringatan.

"Itu agar masyarakat yang datang berkunjung dapat lebih memerhatikan kebersihan lokasi wisata RPTRA Kalijodo. Ini demi kenyamanan bersama," tandas dia.