• Card 9 of 30
Nasional

Pedagang di Taman Suropati Keluhkan Sepi Pembeli

Dea Andriani    •    01 Januari 2018 16:06

SSeorang pedagang balon sabun botolan di Taman Suropati, Menteng. Medcom.id/Dea Andriani SSeorang pedagang balon sabun botolan di Taman Suropati, Menteng. Medcom.id/Dea Andriani

Jakarta: Pedagang yang berjualan di Taman Kota Suropati, Jakarta Pusat tidak terlalu bahagia dengan perayaan tahun baru kali ini. Mereka mengeluhkan sepinya pembeli.

Salah satunya Irma (38). Ia merupakan pedagang balon sabun botolan yang sudah berjualan di Taman Suropati sekitar tiga tahun terakhir. Penjualannya, kata dia, menurun drastis, jika dibandingkan dengan perayaan tahun baru sebelumnya.

"Bisa habis dua karung, kalau tahun lalu. Per karung bisa 50p-an botol. Semalam cuma laku 13 botol ditambah sampai siang ini, baru nambah lima lagi," kata Irma saat ditemui Medcom.id di lokasi, Senin, 1 Januari 2018.

Irma menuturkan, terjadi penurunan jumlah pengunjung taman kota di malam tahun baru. Irma juga mengungkapkan di Suropati tidak ada perayaan kecil-kecilan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kata langganan saya, (warga) pada milih ke Monas (Monumen Nasional). Ada juga yang belum balik libur Natal. Di sini kemarin malam sepi enggak ada acara," lanjut Irma.

Siti (53) pun merasakan hal yang sama. Penjual pecel keliling sekitar kawasan Taman Suropati ini, biasanya berjualan di pagi dan siang hari.

"Sepi banget hari ini, enggak biasanya begini. Makanya masih sisa lebih sampai siang," ujar Siti.

Ia menjual sepiring pecel seharga Rp8.000 sejak dua tahun lalu. Pembelinya merupakan langganan yang biasanya datang sambil berolah raga pagi atau pun dari warga sekitar.

Seperti diketahui, Pemprov DKI menyediakan panggung hiburan di sejumlah titik untuk merayakan Tahun Baru 2018. Di antaranya di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) sampai Monas.