• Card 6 of 30
Nasional

Taman Kota dan Pesonanya bagi Warga

Dea Andriani    •    01 Januari 2018 18:04

Taman Kota Menteng memiliki beragam fasilitas bermain yang ramah bagi anak-anak. Medcom.id/Dea Andriani Taman Kota Menteng memiliki beragam fasilitas bermain yang ramah bagi anak-anak. Medcom.id/Dea Andriani

Jakarta: Taman Kota merupakan salah satu sarana yang disediakan pemerintah bagi warganya. Keberadaannya di tengah hiruk-pikuk perkotaan, bisa menjadi pilihan masyarakat melepas penat dan berekreasi bersama keluarga.

Rahmat (36), salah satu warga yang kerap mengunjungi Taman Kota Menteng, Jakarta Pusat. Pria dari Matraman, Jakarta Timur ini, datang bersama istri dan kedua anaknya yang berumur enam tahun dan tiga tahun.

"Enak ajak main ke sini (Taman Menteng). Karena luas dan enggak terlalu bising. Tempatnya bersih dan masuknya gratis juga," kata Rahmat kepada Medcom.id di lokasi, Senin, 1 Januari 2018.

Namun Rahmat berharap jumlah taman kota agar terus ditambah di kemudian hari. Sehingga Jakarta memiliki banyak pilihan sarana rekreasi yang terjangkau dan menyehatkan.

Senada dengan Rahmat, Windi (35) memilih Taman Menteng sebagai tempat rekreasi di awal tahun 2018 ini.

Ia bersama suami dan kedua anaknya yang berusia enam dan empat tahun, sudah berada di Taman Menteng sejak pukul 08.30 WIB.

"Anak-anak saya lebih suka dibawa ke taman. Apalagi di sini lengkap. Ada playground, lapangan olahraga, juga ada yang suka jualan makanan buat jajan," kata Windi.

Windi mengaku senang karena Jakarta memiliki beberapa taman kota yang baik dan inovatif. Windi berharap agar ke depannya inovasi ini tidak terbatas di kawasan Jakarta Pusat saja.

Taman Kota Suropati, Jakarta Pusat. Medcom.id/ Dea Andriani

Sementara Dewi (34), warga Semarang, Jawa Tengah, sedang menghabiskan liburan akhir tahun di Ibu Kota. Ia dengan kedua anak kembarnya yang berusia tiga tahun, menyempatkan mengunjungi Taman Suropati, Jakarta Pusat, Senin, 1 Januari 2018.

"Udara di sini bersih dan enggak terlalu bising. Bagus sih, jadi ada penyeimbang semrawut kota," ujar Dewi.

Seorang ibu menjaga anaknya yang sedang bermain di Taman Suropati, Senin 1 Januari 2018. Medcom.id/Dea Andriani

Ia membayangkan apabila fasilitas ini didukung oleh budaya masyarakat yang sadar kebersihan, Jakarta akan bisa serupa dengan negara-negara maju.

"Saya dulu pernah di Hong Kong. Mereka punya taman kota bersih banget. Soalnya denda di sana besar buat yang buang sampah sembarangan," jelas Dewi.

Pascaperayaan tahun baru 2018, kedua taman ini terpantau bersih. Hal itu dikarenakan jumlah pengunjung yang menurun, dan didukung dengan adanya titik-titik perayaan tahun baru oleh Pemprov DKI di berbagai lokasi lainnya.