• Card 11 of 30
Sumatera

Lagi, KRI Sigurot Tangkap Kapal Asing di Perairan Kepri

Anwar Sadat Guna    •    26 Februari 2018 12:12

ilustrasi Medcom.id ilustrasi Medcom.id

Batam: Petugas TNI AL kembali menangkap kapal asing di perairan Kepulauan Riau (Kepri). Kapal bernama Fu Yu BH 2916 tersebut ditangkap karena melanggar dan menangkap ikan secara ilegal di Kepri. 

Komandan Lantamal IV, Tanjungpinang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI R Eko Suyatno mengatakan, kapal asing itu ditangkap karena sejumlah pelanggaran. "Kami tangkap karena pelanggaran pelayaran dan perikanan," ungkap Eko, Minggu, 25 Februari 2018. 

Ia mengatakan, jajaran TNI AL masih menyelidiki secara mendalam barang muatan di atas kapal. Terkait apakah ada dugaan muatan narkoba di atas kapal? Eko menyatakan, hal itu perlu pendalaman. Pihaknya tak mau buru-buru menyatakan kapal itu diduga bermuatan narkoba.

"Sejauh ini masih pelanggaran pelayaran dan perikanan," kata Eko.  

Kapal asing yang ditangkap TNI AL tersebut kini dibawa ke dermaga batu hitam, Pelabuhan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV, Tanjungpinang, Provinsi Kepri. 

Kapal tersebut ditangkap oleh KRI Sigurot saat melakukan operasi rutin di perairan Kepulauan Riau (Kepri), Minggu, 25 Februari 2018. "Saat ini kapal beserta ABK dan nakhoda diamankan di pelabuhan Lantamal IV untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

Sebelumnya, KRI Sigurot juga menangkap kapal asing bernama Subrise Glory di perairan Selat Philips, perbatasan antara Batam dan Singapura. Saat diperiksa, kapal berbendera Singapura tersebut ditemukan membawa 1,3 ton sabu. 

Berselang sepekan setelah penangkapan itu, Mabes Polri dan Bea Cukai Batam berhasil menangkap kapal Taiwan berbendera Singapura di perairan sekitar Anambas, Kepulauan Riau. Saat diperiksa, kapal yang berlayar dari Tiongkok ini membawa 1,6 ton sabu.