• Card 1 of 30
Pilkada

Khofifah Promosikan Gili Iyang, Pulau "Awet Muda"

Rahmatullah    •    18 Maret 2018 11:23

Khofifah Indar Parawansa. Foto: Medcom.id / Rahmatullah Khofifah Indar Parawansa. Foto: Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa mengajak wisatawan berkunjung ke Pulau Gili Iyang di Kecamatan Dungkek, Sumenep, Jawa Timur. Pulau berjuluk "pulau awet muda" ini memiliki oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania.

Karena kualitas oksigen tersebut, warga Gili Iyang tak sedikit yang berumur lebih dari seabad. "Yang belum ke Gili Iyang, saya ajak untuk segera ke Gili Iyang," kata Khofifah saat berziarah ke makam Asta Tinggi, tempat peristirahatan raja-raja Sumenep, Sabtu, 17 Maret 2018.

Khofifah menuturkan sudah pernah berkunjung ke pulau tersebut. Dia mengaku tetap segar meski berkeringat saat menghirup udara pulau itu.

Promosi "pulau awet muda" yang disampaikan yang diusung oleh Pemkab Sumenep ini bukan tanpa buktu. Banyak warga pulau tersebut berumur lebih seratus tahun. Bahkan, Khofifah mengaku sempat bertemu beberapa warga yang berumur 150 tahun.

Orang-orang berumur seabad lebih yang ditemui calon Gubernur Jawa Timur ini bahkan masih hidup. Dia pun mengaku cukup kagum ketika melihat nenek berumur sekitar 150 tahun kuat ke masjid untuk salat berjamaah lima waktu. Sedangkan kakek-kakek disebut masih kuat mendorong 20 jeriken yang berisi 10 liter air per jeriken.

“Mereka punya ketahanan tubuh yang luar biasa. Makanya jangan telat ke sana,” ajak dia.

Selain memiliki udara segar yang baik bagi tubuh, pulau ini juga memiliki menyajikan keindahan yang menyegarkan jiwa. Di pulau tersebut terdapat satu gua berisi kristal yang memancarkan cahaya. Melihat potensi tersebut, dia pun mendorong agar destinasi wisata di Sumenep dijadikan satu paket, yaitu selain wisata budaya dan religius, juga diarahkan ke wisata alam.