• Card 1 of 30
Pilkada

Jadi Jurkam, Kepala Daerah Harus Cuti

Rhobi Shani    •    14 Februari 2018 14:01

Ilustrasi. MTVN/M Rizal Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Jepara: Kepala daerah yang hendak menjadi juru kampanye (jurkam) harus mengajukan izin kepada Menteri Dalam Negeri. Kepala daerah yang menjadi jurkam harus mengajukan izin pada hari dia menjadi jurkam. Baik itu kampanye di daerahnya sendiri maupun di daerah lain.

"Jika tidak ada izinnya kami bisa menurunkan," ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Jepara Arifin menerangkan, Rabu, 14 Februari 2018.
 
Hingga saat ini, Arifin melanjutkan, pihaknya belum mendapat tembusan izin kepala daerah yang akan menjadi jurkam. Meski begitu, pihaknya sudah menerima laporan tim sukses kepada pasangan calon gubernur Jawa Tengah.
 
"Kalau laporan tim sukses kedua calon sudah kami terima," tandas Arifin.
 
Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara mengaku belum berencana mengajukan izin. Dia masih menunggu instruksi dari pengurus pusat PDI Perjuangan.
 
“Belum, ini masih menunggu instruksi DPD. Tempat dan waktunya (kampanye) kapan kami belum tahu,” kata Andi.
 
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi adalah mantan Ketua DPC PPP Jepara. Sementara, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi adalah ketua DPC PDI Perjuangan Jepara.
 
Pasangan Ahmad Marzuqi-Dian Kristiandi diusung PDI Perjuangan pada Pilkada Serentak 2017. PDI Perjuangan bergandengan tangan bersama PPP mengusung Ganjar Pranowo-Taj Yasin Pilgub Jateng 2018. PDI Perjuangan menyatakan akan mengerahkan seluruh kader untuk memenangkan Pilgub Jateng 2018.