• Card 1 of 30
Pilkada

13 Pejabat Daerah di Kalteng Cuti

Antara    •    22 Februari 2018 14:08

Ilustrasi--medcom.id Ilustrasi--medcom.id

Palangka Raya: Sebanyak tujuh bupati dan enam wakil bupati di Provinsi Kalimantan Tengah resmi menjalani cuti. Cuti diambil lantaran pejabat daerah itu mengikuti Pilkada serentak 2018.

"Kita juga sudah terima dan izin cutinya dikeluarkan oleh gubernur atas nama menteri dalam negeri kepada para pejabat tersebut," kata Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi di Palangka Raya saat menggelar konferensi pers terkait pengawasan Pilkada, Kamis, 22 Februari 2018.

Cuti di luar tanggungan negara tersebut dilaksanakan sebagai salah satu syarat para pejabat untuk mengikuti tahapan kampanye Pilkada serentak 2018. Berdasar data Bawaslu Kalteng, 13 bupati dan wakil bupati yang resmi cuti dalam pencalonan kepala daerah ialah Bupati Barito Utara Nadalsyah dan wakilnya Ompie Herby, Bupati Seruyan Sudarsono dan wakilnya Yulhaidir.

Baca: Pamit Cuti Pilkada, Wagub Sulsel Ingatkan Soal Netralitas ASN

Selanjutnya ialah Bupati Katingan Sakariyas, Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos, Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo dan wakilnya Pudji Rustaty Narang. Kemudian Bupati Kuala Kapuas, Ben Brahim S Bahat dan wakil bupatinya Muhajirin, Bupati Barito Timur Ampera A Y Mebas, Wakil Bupati Sukamara Windu Subagio dan Bupati Murung Raya Perdie.

Cuti ke-13 pejabat kabupaten di Kalimantan Tengah berlaku sejak 15 Februari hingga 23 Juni 2018. "Dengan itu, mereka tidak lagi diperkenankan menggunakan fasilitas negara dalam melaksanakan aktivitasnya terlebih terkait kampanye," kata Satriadi.

Pihaknya pun meminta masyarakat turut mengawasi jalannya pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan di 10 kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah.

"Apabila menemukan pelanggaran silahkan laporkan kepada pihak terkait seperti Panwaslih atau pun Bawaslu Kalteng. Peran serta masyarakat sangat diperlukan guna menciptakan Pilkada yang jujur, adil, aman dan berkualitas," katanya.