• Card 1 of 30
Pilkada

Arinal-Nunik Canangkan 'Kartu Petani Berjaya' untuk Lampung

18 Maret 2018 14:41

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024 nomor urut 3, Arinal-Nunik bersama para petani desa Rama Puja, Raman Utara, Lampung Timur. Foto: Istimewa Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024 nomor urut 3, Arinal-Nunik bersama para petani desa Rama Puja, Raman Utara, Lampung Timur. Foto: Istimewa

Lampung: Pasangan calon Arinal-Nunik mencanangkan "Kartu Petani Berjaya" jika terpilih memimpin Lampung. Program untuk mengawal kesejahteraan petani ini disosialisasikan paslon nomor urut 3 saat mengunjungi petani di Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur pada Jumat, 16 Maret 2018.

Acara ini dihadiri sekitar dua ribu warga dan pengurus kelompok tani dari 13 Kabupaten di Lampung. Program ini menjadi turunan dari visi dan misi  meningkatkan kesejahteraan petani.

Program ini menjadi salah satu prioritas karena 70 persen warga Lampung berprofesi sebagai petani. Lahan sawah irigasi di Lampung mencapai 457 hektare dan berpotensi besar menjadi lumbung pangan nasional.

Lampung juga menjadi salah satu penyangga pangan Ibu Kota. Sebab, 40 persen suplai kebutuhan pangan di DKI Jakarta berasal dari Lampung.

"Dalam diri saya mengalir darah keluarga petani. Jadi jika saya bisa berdiri sampai saat ini karena jasa orang tua saya yang berprofesi sebagai petani," kata  Arinal berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Medcom.id.

Kartu ini akan menjamin ketersediaan sarana produksi, penyediaan benih, serta pupuk petani tanaman semusim dan petani tanaman keras. Paslon ini juga akan menjamin kredit usaha tani dan beasiswa bagi anak-anak petani.

Program "Kartu Petani Berjaya" juga selaras dengan kebijakan pemerintahan Jokowi dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan menyejahterakan petani.