• Card 1 of 30
Pilkada

TB Hasanuddin Santai Hasil Survei Nomor Buncit

Antonio    •    18 Maret 2018 12:41

Calon Gubernur Jawa Barat Tubagus Hasanuddin foto bersama dengan peserta senam massal. Foto: Medcom.id/Antonio Calon Gubernur Jawa Barat Tubagus Hasanuddin foto bersama dengan peserta senam massal. Foto: Medcom.id/Antonio

Bekasi: Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanudin menanggapi dengan santai walau sejumlah surveo menyatakan tingkat elektabilitasnya bersama Anton Charliyan (Hasanah) paling rendah. Purnawirawan TNI ini menganggap pertarungan Pilkada Jawa Barat tak sekedar survei.

"Saya juga santai saja. Perang itu tidak pernah disurvei dulu. Yang penting maju dan menang. Itu saja prinsip saya," kata TB Hasanuddin di Bekasi, Minggu, 18 Maret 2018.

Tim pemenangan paslon Tb Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah), Waras Wasisto, menilai wajar elektabilitas jagoannya paling rendah. Sebab, mereka calon yang paling akhir mendeklarasikan diri akan bertarung.

(Baca: Ridwan Kamil Tak Cemas Elektabilitas Di Survei Melorot)

Capaian elektabilitas 3,5 persen berdasarkan sejumlah survei tidak boleh dipandang remeh. Dia akan menjadikan hasil survei sebagai amunisi berkompetisi.

Waras yakin pihaknya tetap bisa memenangkan Pilgub Jabar dengan melihat perolehan suara dalam Pemilu Legislatif 2014 dengan empat juta pemilih.  "Ini kan masih 104 hari, masih tiga bulan ke depan. Ya bagi kami politik itu kesimpulan. Ya kesimpulannya nanti lah 27 Juni di TPS (Tempat Pemungutan Suara)," tutupnya.

Litbang Kompas melakukan survei terhadap empat paslon Pilgub Jabar 2018 dengan hasil elektabilitas Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mencapai 42,8 persen dan dibayangi Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dengan 39,9 persen. Sedangkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) meraih 7,8 persen dan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) 3,1 persen.