• Card 1 of 30
Nasional

Keluarga Budi Mulya Minta Boediono jadi Tersangka

Juven Martua Sitompul    •    12 April 2018 18:09

Koordinator MAKI Boyamin Saiman (kiri) bersama Nadya Mulya, keluarga terpidana kasus korupsi Bank Century Budi Mulya (kanan). Foto: Juven Martua Sitompul/Medcom.id Koordinator MAKI Boyamin Saiman (kiri) bersama Nadya Mulya, keluarga terpidana kasus korupsi Bank Century Budi Mulya (kanan). Foto: Juven Martua Sitompul/Medcom.id

Jakarta: Anne Mulya dan Nadya Mulya, yang merupakan keluarga terpidana kasus korupsi Bank Century Budi Mulya menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka menyerahkan surat permintaan agar KPK melanjutkan keputusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan terkait kasus korupsi Century.

Anne dan Nadya tiba di markas Antirasuah didampingi Koordinator MAKI Boyamin Saiman selaku penggugat kasus dugaan korupsi atas pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) pada Bank Century.

"Saya ke sini ya menyampaikan surat permintaan untuk dilaksanakan keputusan itu, saya lampiri putusan praperadilan." kata Boyamin di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Ia menjelaskan, kedatangannya ini juga untuk meminta KPK segera menetapkan mantan Wakil Presiden Boediono, Muliaman D Hadad, Raden Pardede dan kawan-kawan sebagai tersangka.

"Jadi saya korban korupsi menuntut keadilan dengan selebihnya dari Pak Budi Mulya, artinya Pak Boediono dan kawan-kawan jadi tersangka. Kalau Anne dan Nadya juga meminta yang lain-lain terlibat juga harus diproses," ujarnya.

Baca: Fahri Hamzah Nilai KPK tak Layak Selesaikan Kasus Century

Boyamin bersama dengan Anne dan Nadya menyerahkan surat permintaan itu ke bagian pengaduan masyarakat (Dumas) KPK. Pihak Dumas berjanji meneruskan surat permintaan itu ke pimpinan.

Boyamin memberi waktu tiga bulan kepada KPK untuk memulai penyidikan atau menetapkan Boediono cs sebagai tersangka. Jika tak menjalani permintaannya atau putusan PN Jaksel, Boyamin bakal mengambil opsi lain.

"Jadi kalau ganti ruginya Century delapan triliun, ya nanti saya minta potong gajinya pimpinan KPK 10 persen lah untuk mengganti itu sampai pensiun," ucap Boyamin.

Sementara itu, Nadya meminta KPK bersikap adil dalam menuntaskan kasus korupsi Century. Ia ingin pihak-pihak yang disebut dalam dakwaan, salah satunya Boediono cs juga dijerat. Apalagi, lanjut dia, sang ayah telah divonis bersalah 15 tahun penjara.

"Bapak saya ini sudah hampir 4 setengah tahun sejak menjadi tersangka direnggut kebebasannya bersama keluarganya. Jadi saya juga kelanjutannya seperti apa, karena seperti kita ketahui ketika hal ini menimpa keluarga saya, ketika kasus Century terjadi banyak yang mengatakan memang ini bukan kasus yang biasa," kata Nadya.