• Card 6 of 30
Nasional

Naturalisasi Sudah Diaplikasikan di Setu Babakan

Fachri Audhia Hafiez    •    19 Oktober 2018 16:05

Naturalisasi Waduk Setu Babakan di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez. Naturalisasi Waduk Setu Babakan di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Setu Babakan, Jakarta Selatan, sempat menjadi salah satu fokus program pengerukan saluran air dan waduk. Namun, waduk itu ini lebih diprioritaskan pada konsep naturalisasi yang ditelurkan Gubernur Anies Baswedan.

"Pengerukan sudah selesai. Fokus sekarang naturalisasi yang sudah kami mulai sejak Agustus-September 2018," kata Staf Dinas Sumber Daya Air Aliran Tengah kawasan Setu Babakan, Ardi Suhardi, kepada Medcom.id di lokasi, Jumat, 19 Oktober 2018.

Menurut dia, pengerukan di Setu Babakan telah dilakukan sejak 2015. Namun, tidak menutup kemungkinan pengerukan kembali dilakukan jika terjadi pendangkalan.

Sementara itu, naturalisasi yang tengah dikerjakan saat ini masih dalam tahap awal, seperti penataan bibir sungai. Sejumlah tanaman nampak mulai ditanam di sekitar Setu Babakan.

Baca: Naturalisasi Ala Anies Fokus ke Waduk

"Penataan ini dan tanaman-tanaman hasil kerja sama dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman serta Dinas Kehutanan DKI," ujar Ardi.

Dia mengungkapkan naturalisasi di Setu Babakan tak sekadar mengembalikan ekosistem. Ke depan, area aktivitas untuk warga akan dibuat.

"Kita akan bikin kayak hutan gitu, ke depan ada semacam dermaga atau tempat orang memancing," tukas Ardi.