• Card 19 of 25
Ekonomi

Bukalapak.com Bidik Gaet 2 Juta UKM di 2016

Annisa ayu artanti    •    12 Januari 2016 15:07

Illustrasi Buka Lapak.com. ANTARA FOTO ho/Bambang/ama. Illustrasi Buka Lapak.com. ANTARA FOTO ho/Bambang/ama.

medcom.id, Jakarta: Bukalapak.com menargetkan dapat menggaet dua juta unit Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bergabung di e-commerce tersebut, demi memperkuat pasar Indonesia di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

CEO Bukalapak.com Achmad Zaky mengatakan banyak upaya menarik untuk menarik UKM agar bisa bergabung. Salah satunya dengan melakukan optimalisasi UKM dan mengedukasi UKM-UKM yang belum bergabung.

"Optimalisasi yang ada. Yang sudah gabung pendapatannya harus meningkat. Mengajak mereka yang belum gabung dengan mengedukasi mereka, biasanya melalui komunitas," kata Achmad saat ditemui di acara ulang tahun ke-6 Bukalapak.com, di Kantor Bukalapak, Jalan Kemang Timur, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Selain siasat tersebut, Achmad mengakui tetap akan membuka iklan di beberapa media televisi, radio, dan media online lainnya. Dia berharap dengan upaya-upaya tersebut dapat meningkatkan jumlah UKM yang bergabung di Bukalapak.com.

Bukalapak.com menargetkan dapat merangkul dua juta UKM dengan total transaksi sebesar Rp5 juta per bulan untuk satu UKM di 2016.

"Target UKM dua juta. Rata-rata transaksi per lapak itu Rp5 juta per bulan untuk satu UKM," ungkap dia.

Achmad juga menjelaskan dengan fokus terhadap pasar Indonesia artinya juga memajukan UKM yang ada. Saat ini Indonesia memiliki jumlah UKM sebanyak 50 juta UKM. Artinya, pasar Indonesia masih sangat besar, dan MEA seharusnya dijadikan peluang bisnis yang bagus dalam mengembangkan UKM nasional.

"MEA harus dijadikan peluang. Dalam MEA, UKM akan digenjot oleh pemerintah. Kami siap mendukung usaha pemerintah. Tapi sejauh ini kita tetap akan fokus di pasar indonesia," pungkas dia.