• Card 1 of 30
Nasional

Identitas Pelaku Bom Polsek Bontoala di Kantong Polisi

Andi Aan Pranata    •    02 Januari 2018 15:34

Polisi memeriksa lokasi usai ledakan di Kantor Polsek Bontoala Makassar, Senin dinihari 1 Januari 2018. (Dok. Polda Sulsel) Polisi memeriksa lokasi usai ledakan di Kantor Polsek Bontoala Makassar, Senin dinihari 1 Januari 2018. (Dok. Polda Sulsel)

Makassar: Aparat jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dibantu personel Mabes Polri tengah mengejar pelaku peledakan bom Polsek Bontoala Makassar, pada malam pergantian tahun. Namun polisi enggan terburu-buru mengumumkan identitas pelaku meski telah teridentifikasi.

Wakil Kepala Polrestabes Makassar AKBP Hotman Sirait mengatakan, terungkapnya identitas pelaku merupakan hasil pengembangan di lokasi kejadian. Wajah pria yang disebut masih berusia muda itu teridentifikasi saat peledakan di depan kantor Polsek. Saat itu cahaya cukup terang, dan kebetulan ada saksi yang melihat kejadian.

“Satu orang pelaku sudah teridentifikasi. Untuk sementara tidak ada kaitannya dengan jaringan teroris. Namun tentu masih akan kita kembangkan penyelidikannya,” kata Hotman di Makassar, Selasa 2 Januari 2018.


Tas berisi bahan bakar yang diduga milik pelaku pengeboman (Dok. Polda Sulsel)

Sebelumnya diberitakan, ledakan bom terjadi di halaman Polsek Bontoala pada Senin, sekitar pukul 3.15 Wita. Saat itu petugas Polsek Bontoala dipimpin Kapolsek Kompol Rafiuddin masih siaga dalam rangka pengamanan malam tahun baru. Saat duduk di halaman kantor, tiba-tiba terdengar dua kali ledakan dari arah samping kanan.

“Ledakan pertama tidak keras, kedua yang keras. Saat Kapolsek berdiri, ada orang misterius yang melemparkan benda. Meledak mengenai tangan Kapolsek dan bagian pantat anggota Polsek bernama Brigadir Yudirsan,” ujar Kapolda.

Usai kejadian, petugas setempat mendapatkan satu ransel dan jaket di belakang kantor Polsek Bontoala berisi dua molotov. Diduga milik pelaku yang tertinggal dan tidak sempat diledakkan. Adapun bom yang meledak disebut berdaya ledak rendah.

Hotman mengungkapkan, polisi belum menyimpulkan jumlah pelaku. Namun diperkirakan antara satu-dua orang. Adapun motif peledakan, sejauh ini belum bisa diperkirakan.

“Pelakunya masih sementara dikejar. Kalau sudah tertangkap, nanti juga kita tahu motifnya,” ujar Hotman.