• Card 23 of 30
Teknologi

Penjualan Oppo Turun 30%, Xiaomi Ambil Peluang

Ellavie Ichlasa Amalia    •    21 Agustus 2017 15:38

Penjualan Oppo di India turun. (FOCUS by Julien GIRAULT) Penjualan Oppo di India turun. (FOCUS by Julien GIRAULT)

medcom.id: Merek smartphone Tiongkok telah mendominasi pasar India selama beberapa waktu. Biasanya, smartphone yang mereka luncurkan menargetkan segmen kelas menengah untuk masyarat India yang sensitif terhadap harga.

Setelah sukses selama satu tahun, Oppo dan Vivo dikabarkan mengalami penurunan penjualan untuk pertama kalinya, yaitu sebanyak 30 persen pada bulan Juli. 

Menurut laporan ET, para retailer smartphone telah mengonfirmasi bahwa penjualan Oppo dan Vivo masih terus turun bulan ini. Untuk mengatasi hal ini, Oppo dan Vivo dikabarkan telah mengajak para distributor dari setiap daerah untuk bertemu dan saling membantu untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi. 

BGR melaporkan, di pasar India, secara total, Oppo dan Vivo menguasai 22 persen pangsa pasar. Meningkatnya popularitas Xiaomi dikabarkan menjadi alasan mengapa penjualan Oppo dan Vivo menurun. Xiaomi, yang sebelum ini hanya melakukan penjualan secara online, mulai masuk ke pasar offline tahun ini. 

Xiaomi meluncurkan smartphone yang dijual khusus secara offline pertamanya, Redmi 3S, di India pada bulan Oktober lalu. Namun, keseriusan Xiaomi dalam penjualan offline terlihat dari pembuatan Mi Home. Xiaomi membuka toko pertamanya, Mi Home, di Bengaluru pada bulan Mei.

Mi Home menyediakan semua produk Xiaomi. Pelanggan bisa mencoba serta membeli berbagai produk Xiaomi di sana. Xiaomi dikabarkan akan membuka Mi Home baru di 4 kota dan pada akhirnya berencana untuk membangun 100 toko.

Meskipun penjualan Oppo dan Vivo turun, laporan terbaru dari IDC menunjukkan tren peningkatan pangsa pasar yang dikuasai oleh vendor smartphone asal Tiongkok di India. Dalam laporan terbaru IDC untuk pengiriman smartphone pada Q2 2017 di India, perusahaan Tiongkok menguasari 54 persen pangsa pasar, naik dari 51,1 persen pada Q1 tahun ini.