• Card 1 of 30
Nasional

Ahok akan Diskon PBB Golongan Tertentu hingga 75%

LB Ciputri Hutabarat    •    04 Mei 2017 10:44

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Antara Foto/Rosa Panggabean Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Antara Foto/Rosa Panggabean

medcom.id, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan mengeluarkan kebijakan baru soal pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dia akan mengeluarkan peraturan gubernur pemotongan harga PBB bagi sejumlah kategori masyarakat.

"PBB di bawah Rp2 miliar itu saya kira bulan ini akan keluar, termasuk veteran, TNI, Polri dapat diskon 75%. Bahkan untuk presiden, gubernur akan 0%, juga untuk pejabat-pejabat," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis 4 Mei 2017.

Klik: DKI Naikkan PBB Khusus NJOP di Atas Rp10 Miliar

Sebelumnya, Pemerintah DKI sudah menggratiskan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk rumah yang bernilai di bawah Rp2 miliar. Ahok menilai PBB pun kini menjadi salah satu pikiran banyak warga DKI untuk dibayar.

"Nanti kami harap bertahap, kami bisa hapuskan semua PBB rumah tinggal, kecuali kalau dibuat tempat usaha. Lagi disiapkan (peraturannya), lagi dikejar pergub-nya," ucap Ahok.

Klik: DKI Wacanakan NJOP di Bawah Rp2 Miliar Bebas PBB

Adapun pembayaran sisanya tetap dilakukan ke Badan Retribusi dan Pendapatan Daerah (BPRD) DKI Jakarta. Sementara pajak yang dibayarkan adalah pajak 2017.

"Karena kami mengarah rumah tinggal tidak bayar PBB, kalau bayar PBB berat dong masyarkat bayar rumah tinggal. Langsung berlaku yang PBB tahun ini," jelas Ahok.