• Card 3 of 30
Nasional

Pengadilan Segera Proses Gugatan Cerai Ahok

M Sholahadhin Azhar    •    08 Januari 2018 12:58

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama istri, Veronica Tan (kanan). Foto: MI/Galih Pradipta. Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama istri, Veronica Tan (kanan). Foto: MI/Galih Pradipta.

Jakarta: Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) segera memproses gugatan cerai yang diajukan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terhadap istrinya, Veronica Tan. Permohonan sudah dirapatkan PN Jakut pada 5 Januari 2018.

"Jadi yang mendaftarkan kuasa dari penggungat yaitu dalam hal ini Basuki Tjahaja Purnama alias Pak Ahok. Kemudian registrasi di bawahnya perdata Nomor 10 Tahun 2018 PN Jakarta Utara," kata Humas PN Jakarta Utara Jootje Sampaleng di PN Jakut, Senin, 8 Januari 2018.

Hari ini, kata dia, kuasa hukum Ahok tengah melengkapi berkas gugatan. Ketua PN Jakarta Utara Andi Cakra Alam segera menentukan majelis yang menyidangkan perkara begitu berkas lengkap.

"Dalam waktu secepatnya akan ditetapkan karena itu lebih baik," imbuh Joojte.

Proses tahapan sidang perceraian akan diawali dengan penetapan majelis hakim dan pemeriksaan perkara secara internal. Setelah itu, majelis akan menentukan untuk menerima atau menolak berkas gugatan. Setelah itu, tanggal dan hari persidangan baru ditetapkan. 

Baca: Pengacara: Gugatan Cerai Ahok Masalah Privat

Joojte memprediksi waktu satu minggu sudah cukup bagi majelis hakim untuk memulai sidang cerai Ahok. Terkait materi gugatan, dia menyebut permohonan cerai Ahok sama dengan permohonan serupa lain. Ada dua tuntutan, yakni perceraian dan hak asuh anak. 

"Biasanya kan akan ditetapkan hak asuh itu apakah pada penggugat atau tergugat. Bergantung dari kondisi jawab menjawab dari kedua belah pihak, baik penggugat maupun tergugat," kata dia.