• Card 14 of 30
Nasional

Alasan Hakim Kabulkan Permintaan Cerai Ahok

Muhammad Al Hasan    •    04 April 2018 14:56

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Istri Veronica Tan. Foto: MI/Ramdani. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Istri Veronica Tan. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Majelis Hakim PN Jakarta Utara mengabulkan permintaan cerai yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Veronica Tan. Hakim menyebut ada sejumlah alasan yang membuat rumah tangga keduanya tidak lagi bisa diharapkan. 

"Sehingga ini upaya terakhir yang bisa ditempuh penggugat (Ahok). Karena tidak ada lagi harapan bagi penggugat untuk menjalani rumah tangga yang bahagia berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa," kata Hakim Ketua Sutaji saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu, 4 April 2018.

Hakim Sutaji meyebut dari bukti-bukti yang disampaikan pihak Ahok terbukti Veronica meninggalkan tanggungjawabnya sebagai ibu dan istri. Hal ini ketika diminta Ahok tidak pergi ke acara paduan suara. 

Di sana, Veronica bertemu dengan Julianto Tio alias Ahwa, selingkuhannya. Perselingkuhan ini, kata Hakim Sutaji, makin kuat saat Veronica menolak menerima usulan mediator rumah tangga mereka, Pendeta Jun Te Ju, yang menyarankan Veronica menjauhi Ahwa. 

Dia menambahkan, ada sejumlah bukti yang disampaikan berupa percakapan antara Veronica dan Ahwa. Dalam percakapan, hakim menilai keduanya tengah menjalin kasih. 

"Yang mana dari materi percakapan tersebut dinilai adanya hubungan yang dekat dan bahkan cenderung melebihi hubungan pertemanan biasa, dapat pula disebut istimewa, bahkan bisa disebut asmara dapat pula disebut pacaran," beber Hakim Sutaji. 

(Baca juga: Ahok Resmi Bercerai dengan Veronica)

Veronica juga dinilai tidak memiliki itikad baik untuk memperbaiki rumah tangganya. Salah satunya datang ke persidangan cerai. 

Hakim Sutaji menyebut selama ini Veronica hanya memberikan surat yang dititipkan kepada majelis hakim. "Menimbang sudah dipanggil secara patut namun tidak pernah hadir atau mendatangkan wakilnya namun menyerahkan sepenuhnya kepada majelis hakim. Dinilai sebagai bentuk jawaban. Tidak memberikan bantahan namun juga tidak memberikan kejelasan atas dalil penggugat," kata hakim Sutaji.

Dari sederet fakta ini, majelis hakim memutuskan Ahok sebagai penggugat memenangkan peradilan, ia dan Vero resmi bercerai. Selain itu, majelis hakim juga mengabulkan permohonan hak asuh anak mereka Daud Albeener Purnama dan Nathania Purnama pada Ahok. 

Dalam sidang putusan cerai itu Ahok tidak hadir namun diwakili kuasa hukumnya Fifi Letty Indra. Sementara Veronica tidak hadir dan tidak mewakilkan siapapun.