• Card 20 of 30
Nasional

Hakim Minta Ahok Hadir Dalam Sidang Cerai

Haifa Salsabila    •    22 Februari 2018 04:30

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Istri Veronica Tan. Foto: MI/Ramdani. Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Istri Veronica Tan. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Josefina Agatha Syukur, kuasa hukum mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, jika hakim meminta kliennya untuk hadir pada persidangan gugatan cerai dengan istrinya, Veronica Tan. Majelis hakim ingin mendengar cerita langsung dari Ahok.

"Tadi permintaan hakim begitu. Cuma nanti seperti apa saya juga tunggu kabar dulu," kata Josefina di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Rabu, 21 Februari 2018.

Menurut Josefina, majelis hakim meminta Ahok hadir langsung karena sidang perceraian merupakan masalah pribadi dan keluarga. "Karena ini kan masalah keluarga, jadi (hakim) ingin dengar juga dari sisi Pak Ahok-nya," ujar dia.

Namun, untuk menghadirkan Ahok ke sidang perceraian pengadilan harus mendapat izin dari pihak kepolisian. Oleh karena itu, lanjut Josefina, pihaknya sedang menunggu surat dari majelis hakim untuk mendapatkan izin dari Mako Brimob, Depok Jawa Barat, tempat dimana Ahok ditahan.

(Baca juga: Ahok Gugat Cerai Istri)

"Belum dapat izin. Harus ada izin dari Mako Brimob kan," ujar Josefina.

Pada persidangan dengan agenda pembuktian perkara gugatan cerai ini, Josefina selaku kuasa hukum menghadirkan 12 bukti. Bukti tersebut terdiri dari rekaman pembicaraan, foto, dan screenshot percakapan melalui aplikasi pesan instan (Whatsapp).

Bukti-bukti itu mendukung alasan Ahok menggugat cerai Veronica, yakni ada permasalahan pribadi yang terjadi antara keduanya. Pada persidangan tersebut, Ahok hanya diwakilkan oleh Josefina.

Tak tampak sang adik Fifi Lety Indra yang juga merupakan kuasa hukum Ahok. Sementara Veronica maupun pihak yang mewakilkan tidak hadir pada persidangan dengan agenda pembuktian perkara gugatan cerai ini. 

Sidang lanjutan dijadwalkan pekan depan, Rabu, 28 Februari 2018. Sejumlah saksi akan dihadirkan Josefina. Namun, dia belum mau banyak bicara siapa yang akan dijadikan sebagai saksi pada sidang selanjutnya.