• Card 16 of 30
Nasional

Wajah Ciliwung Jadi Kado Terindah Ultah Ahok

Nur Azizah    •    29 Juni 2017 14:01

Foto aerial permukiman warga di pinggir Kali Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta, Minggu (18/9/2016). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga Foto aerial permukiman warga di pinggir Kali Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta, Minggu (18/9/2016). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

medcom.id, Jakarta: Basuki Tjahaja Purnama bertambah usia. Ribuan ucapan selamat pun bermunculan untuk mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Salah satunya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Tak hanya mengucapkan selamat ulang tahun, Sutopo juga membeberkan hasil kerja Ahok selama memimpin Ibu Kota.

"HBDAhok51 Selamat ultah ke Pak Ahok. Ini salah satu karyamu membenahi Ciliwung dan Waduk Pluit dengan baik," tulis Sutopo dalam akun Twitter-nya @Sutopo_BNPB.

Dalam cuitannya itu, Sutopo turut memperlihatkan peta aliran sungai Ciliwung dan wajah Waduk Pluit. Dalam foto tersebut ada perbandingan antara aliran sungai Ciliwung pada 2015 dan 2016.

"Dari satelit terlihat Ciliwung yang sebelumnya dangkal dan lebarnya kurang dari 10 meter, sekarang menjadi 20 hingga 30 meter," ujar Sutopo saat dihubungi, Jakarta, Kamis 29 Juni 2017.




Pada masa kepemimpinan Ahok-Djarot, normalisasi gencar dilaksanakan. Akibatnya, volume banjir di Jakarta berkurang.

Sutopo juga menunjukkan foto Waduk Pluit pada 2012 dan 2017. Waduk Pluit yang sebelumnya dangkal dan penuh eceng gondok, sekarang berubah menjadi lebih dalam.

"Waduk Pluit yang sebelumnya dangkal dan penuh permukiman kumuh, saat ini sudah dikeruk dan ditata. Alhasil, tampungan banjir di Waduk Pluit meningkat dan mengurangi banjir di kawasan sekitar Pluit," kata Sutopo.

Baca: Ahok Rayakan Ultah ke-51 Bersama Keluarga di Mako Brimob

Ia berharap pekerjaan yang dilakukan Ahok-Djarot dilanjutkan kepemimpinan DKI selanjutnya. Bila tidak, maka banjir akan kembali melanda Jakarta.