• Card 7 of 30
Nasional

Ahok akan Nikahi Eks Ajudan Veronica

Nur Azizah    •    06 September 2018 16:36

Basuki Tjahaja Purnama saat masih bersama Veronica Tan. Foto: MI/Ramdani. Basuki Tjahaja Purnama saat masih bersama Veronica Tan. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan melepas masa dudanya. Pria yang akrab disapa Ahok ini akan menikahi wanita berinisial PND.
 
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan PND merupakan bekas ajudan mantan Istrinya dulu, Veronica Tan. PND saat ini bertugas sebagai polwan di Polda Metro Jaya.
 
"Kalau dia punya pacar wajar. Kalau dia punya pacar laki-laki enggak wajar," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis 6 September 2018.
 
Prasetio yang juga sahabat Ahok ini lantas menceritakan kedekatan antara Ahok dan PND. Keduanya mulai dekat setelah Ahok bercerai dari Veronica. Ahok yang tak ingin main-main langsung melamar PND.
 
"Jadi kalau kita lihat dari semua keluarga ingin ada kesepakatan. Ahok itu kan bukan tipe yang melankolis, yang pacaran atau apa. Dia nanya kamu mau jadi istri saya enggak," cerita Prasetio.
 
Usut punya usut, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat lah yang menjadi 'mak comblang' antara Ahok dan PND. Kabarnya, pernikahan keduanya akan digelar usai Ahok bebas dari bui.
 
Ahok resmi bercerai dengan Veronica pada Rabu, 4 April 2018. Saat itu, Hakim Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara Sutaji mempertimbangkan permohonan penggugat (Ahok) terhadap tergugat (Veronica) telah sesuai dengan Pasal Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, Pasal 39 ayat 2 huruf 6.
 
Adapun isinya ialah antara suami dan isteri terus menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga. Pertimbangan ini diambil setelah hakim menilai melalui saksi dan bukti-bukti yang dihadirkan.

Baca: Polri Merestui Anggotanya Menikahi Ahok

Selain itu, sikap Veronica yang tidak pernah hadir selama persidangan dianggap tidak ada niat upaya memperbaiki hubungan suami-istri. Dengan ini sebagai pihak penggugat, Ahok menang atas kasus sidang perceraian dengan isterinya.
 
"Menyatakan tergugat tidak pernah hadir meskipun telah dipanggil secara sah dan patut," kata hakim Sutaji pada April 2018.
 
Dalam sidang itu hakim juga mengabulkan permohonan hak asuh atas dua anak Ahok-Veronica yang masih di bawah umur, yaitu Nathania Purnama dan Daud Albeener Purnama. Meski demikian keduanya masih dalam perawatan Fifi Letty Indra selama Ahok masih menjalani masa penahannya. Fifi merupakan kakak dari Basuki Tjahaja Purnama.