• Card 16 of 30
Nasional

Relawan Ahok akan Kawal Sidang PK hingga Selesai

Fachri Audhia Hafiez    •    26 Februari 2018 12:34

Relawan Ahok mengawal sidang PK. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez. Relawan Ahok mengawal sidang PK. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Relawan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berjanji akan mengawal sidang peninjauan kembali (PK) kasus penodaan agama yang menyeret Ahok. Mereka akan memasang mata terhadap perjalanan sidang. 

Penanggung jawab aksi Silvia Devi Soembarto mengatakan sebanyak 500 orang dari berbagai kelompok simpatisan Ahok akan bergabung hingga sidang berakhir. Mereka, kata Silvia, datang atas inisiatif pribadi.

"Massa dari Komunitas Bangsa Bersatu, Barisan Relawan Basuki Djarot (Bara Badja), dan tadi juga ada dari Pangandaran, murid sekolah luar biasa Pak Ahok," kata Silvia di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin, 26 Februari 2018.

Ketua Komunitas Bangsa Bersatu itu mengaku ingin memberikan edukasi kepada masyarakat soal kasus hukum Ahok. Dia menekankan PK adalah hak setiap terpidana. 

"Walaupun di pengadilan diputus bersalah, masih bisa mengajukan PK," ujar Silvia.

Baca: Ahok tak Wajib Hadir di Sidang PK

Ia berharap jalannya aksi bisa berlangsung damai dan kondusif. "Kami imbau ke teman-teman agar orasi berjalan baik, tertib. Sampah juga kita koordinir jangan sampai mengotori jalan," pungkas Silvia.

Sementara itu, massa dari Persaudaraan Alumni 212 juga menyampaikan aspirasinya terkait sidang PK Ahok. Mereka mulai membubarkan diri sejak pukul 10.45 WIB, sedangkan aparat keamanan masih bersiaga di sekitar gedung pengadilan.