• Card 14 of 30
Nasional

Novanto Sejak Awal Tempati Sel Mewah

M Sholahadhin Azhar    •    18 September 2018 13:58

Terpidana korupsi proyek KTP-el Setya Novanto - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.  Terpidana korupsi proyek KTP-el Setya Novanto - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Terpidana korupsi proyek KTP-el Setya Novanto, membantah temuan Ombudsman RI terkait sel luas dan mewah yang ditempatinya di Lapas Sukamiskin, Bandung. Novanto mengaku sejak awal sudah dapat sel seperti itu. 

"Itu tidak ada yang mewah. Itu kan Ombudsman telah secara fakta melihat mengatakan tidak ada yang mewah, tapi tempat itu kan memang saya tempati sudah demikian," kata Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa, 18 September 2018.

Novanto mengaku sel itu bekas Wali Kota Palembang Romi Herton, yang meninggal saat menjalani masa tahanan. Ia mengaku melakukan sedikit perbaikan dengan pertimbangan kesehatan.

Dinding sel, kata dia, memang diberi wallpaper untuk mencegah debu. "Apalagi saya punya (penyakit) kesehatan dan itu bisa paru-paru basah dan lihat di foto sendiri, sederhana sekali, hanya ada kasur, sama ya meja hanya juga ukuran 40 cm," kata Novanto. 

(Baca juga: Mekanisme Pengawasan di Lapas Mandek)

Ombudsman melakukan sidak ke Lapas Sukamiskin dan menginspeksi kamar Novanto. Anggota Ombudsman Ninik Rahayu melihat kamar tahanan eks Ketua DPR itu lebih lebar dan luas dibanding sel lain. 

Ninik juga menemukan adanya indikasi maladministrasi dan ketidakpatutan. Sebab dari satu blok yang terdiri dari dua lantai, ada perbedaan standar operasional prosedur (SOP) luas kamar. Kamar di lantai bawah lebih kecil dibandingkan kamar tahanan di lantai atas.

Adapun Novanto menempati ruangan di lantai atas. "Kalau menurut Kalapas (kamar Novanto) bekas (ruang) telepon atau telkom. Nomor (kamar) saya lupa," ujar Ninik, Jumat, 14 September 2018.

Dalam video yang beredar kamar Novanto dilengkapi toilet duduk, eksos fan, dan lainnya.