• Card 1 of 30
Nasional

Kubu Fredrich Pertimbangkan Cabut Praperadilan

Faisal Abdalla    •    08 Februari 2018 10:36

Eks pengacara Novanto, Fredrich Yunadi/Medcom.id/Faisal Abdalla Eks pengacara Novanto, Fredrich Yunadi/Medcom.id/Faisal Abdalla

Jakarta: Mantan kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi, mempertimbangkan mencabut gugatan praperadilan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Fredrich yang menjalani sidang perdana di Tipikor hari ini mengajukan praperadilan setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus merintangi penyidikan dalam kasus korupsi KTP berbaris elektronik (KTP-el) yang menyeret Novanto.

"Arahnya ke sana (dicabut) karena kita berpacu dengan waktu. UU mengatakan ketika perkara disidangkan maka dengan sendirinya (praperadilan) gugur," ujar kuasa hukum Fredrich, Sapriyanto Refa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Kamis, 8 Februari 2018.

Namun, Refa tetap ragu jaksa bisa membuktikan kliennya merintangi penyidikan kasus KTP-el. Ia mempertanyakan apakah jaksa bisa membuktikan hal-hal yang diuraikan dalam dakwaan.

"Tapi saya ragu dari cara jaksa memrumuskan dakwaannya. Saya lihat dari dakwaan lebih banyak orang per orang. Sifatnya pribadi. Pembuktiannya tidak mudah," ucap Refa.

Fredrich bersama dokter di RS Permata Hijau Bimanesh disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.